Bagaimana cara menghilangkan bekas gigitan nyamuk yang sudah menghitam?

L Info Penanya: L, Pria
Dokk.. Saya punya keluhan di kulit kaki sama tangan. Tiap kehujanan, digigit nyamuk, kedinginan pasti gatel dan muncul bintik bintik banyak bangettt trus membekas jd hitam :( Bekasnya dari 2 tahun yang lalu ngga cepet ilang malah nambah-nambah terus ?? Aku maluu.. dok saranin obat alami yg manjur dong, kalo ngga ya salep ??
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi L,

Gigitan nyamuk tidak hanya bisa memicu rasa gatal tetapi gigitan nyamuk juga bisa menularkan penyakit. Contohnya adalah penuralan penyakit demam berdarah dengue, chikungunya ataupun penyakit malaria. Gigitan nyamuk sendiri bisa menimbulkan bentol kemerahan yang lama kelamaan bisa menjadi bekas yang menghitam.

Bekas gigitan nyamuk yang menghitam sendiri bisa timbul karena adanya ludah yang mengandung protein yang memicu reaksi alergi sehingga timbul rasa gatal dan bentol pada lokasi tersebut. Untuk meredakan rasa nyeri dan menghilangkan bekas gigitan nyamuk dapat dilakukan beberapa cara baik dengan bahan alami seperti menggunakan gel lidah buaya atua gel aloe vera, menggunakan madu sebagai olesan ataupun dengan krim khusus yang diberikan dokter untuk meredakan peradangan pada kulit.

Penting juga untuk tidak menggaruk lokasi yang digigit nyamuk agar tidak memicu iritasi dan bekas noda yang menghitam. Selain itu pencegahan utama bisa dilakukan agar tidak banyak tergigit nyamuk salah satunya dengan menjaga lingkungan tetap bersih, gunakan repellen atau lotion anti nyamuk, pasang kelambu di rumah dan juga bisa menggunakan pembasmi serangga. Dirumah juga bisa ditanam tanaman pengusir nyamuk seperti lavender. Selain itu bisa dipasangkan kawat antinyamuk pada ventilasi sehingga bisa mencegah nyamuk masuk. Jika keluhan masih tetap mengganggu bisa memeriksakan diri pada dokter kulit untuk memberikan penanganan sehingga kembali percaya diri. Semoga bermanfaat. 

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Rasa gatal, ruam kulit, dan biduran adalah ciri-ciri alergi obat pada anak.

11 Ciri-Ciri Alergi Obat pada Anak yang Harus Diketahui Orangtua

Alergi obat pada anak terjadi saat mengonsumsi obat-obatan tertentu. Ciri-cirinya berupa ruam kulit, gatal, bengkak, biduran, mengi, dan demam,sesak napas hingga pingsan.