Bintik-bintik di area luka yang perih, karena apa ?

WY Info Penanya: WY, Pria, 16 Tahun
Dok saya mau tanya saya kan habis jatuh trus luka yg cukup dalam di lutut trus beberapa hari kemudian timbul banyak bintil bintik kecil warna merah dan kalo tersentuh apapun walapun tisu rasanya sangat perih itu kenapa dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, WY.

Luka yang terjadi akibat jatuh umumnya berupa luka gores. Namun derajat keparahannya dapat berbeda-beda tergantung seberapa berat keadaan jatuh yang dialami. Proses penyembuhan suatu luka dapat bervariasai baik dari segi waktu hingga hingga penampakannya, hal ini dapat bergantung pada kedalaman, ukuran, posisi dan ada atau tidaknya kondisi medis tertentu sebelumnya yang dapat mempengaruhi proses pemulihan.

Mengenai pertanyaan Anda tentang bintik-bintik yang timbul di area luka yang terasa perih dapat terjadi karena berbagai faktor.

Beberapa diantaranya ialah :

Keadaan tersebut dapat dipicu oleh perawatan luka yang mungkin masih kurang adekuat. Kondisi alergi dapat terjadi pada penggunaan obat tertentu yang diaplikasikan pada luka atau bahkan pada plester jika Anda sempat menggunakannya. Sedangkan kondisi iritasi dapat terjadi karena gesekan pada luka yang mungkin tidak sengaja terjadi. Asapun kondisi infeksi yang dapat terjadi apabila luka kurang higienis sehingga bakteri mudah masuk pada keadaan luka tersebut.

Untuk semantara gunakanlah povidon iodine yang dijual bebas di apotek sebagai antiseptik yang dapat mengurangi risiko infeksi pada luka. Hendaknya untuk tidak ditutup dengan pelster karena dapat membuat keadaan luka menjadi sulit untuk mengering akibat terlalu lembap. Jika keluhan tidak membaik dalah hitungan hari ada baiknya untuk melakukan perawatan luka ke klinik terdekat dan mempelajari cara yang tepat agar dapat dilakukan selanjutnya dirumah.

Salam sehat, 

dr. Rahmita Dewi

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Cara mengobati luka lecet adalah dengan tidak mengabaikan penyebabnya begitu saja

Pertolongan Pertama Sebagai Cara Mengobati Luka Lecet

Cara mengobati luka lecet yang tepat dan aman adalah menghindari penyebab luka lecet, membersihkannya, dan mengoleskan salep antibiotik. Lantas, kapan luka lecet harus diperiksakan ke dokter?