12 Jul 2020, 13:11Kulit & Kelamin

Bintik bernanah di telapak kaki bayi, apa penyebabnya?

SU
Info Penanya: SU, Wanita, 35 Tahun
Siang dok.. Dok anak saya berusia 19 bulan, sekarang ini telapak kakinya ada bintik-bintik merah bengkak dan bernanah.. Kira-kira penyebabnya apa ya dok? Mohon solusinya ya dok.. Terima kasih..
18145 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Sylvia V
(0)
Selamat siang, SU.Bintik-bintik bernanah adalah gangguan pada kulit yang biasanya disebabkan karena infeksi. Bintik-bintik biasanya disertai rasa gatal dan panas pada kaki, serta berwarna kemerahan. Terkadang, bintik tersebut juga bisa disertai nyeri, dimana seringkali membuat bayi rewel dan menangis.

Penyebab Bintik Bernanah

Penyebab bintik-bintik bernanah bervariasi, bisa disebabkan oleh virus, bakteri, jamur, ataupun penyebab lainnya. Beberapa hal yang dapat menimbulkan kondisi tersebut adalah:
  • Herpes zooster
  • Varicella zooster (cacar air)
  • HMFD (Hand, Mouth, and Foot Disease) atau flu Singapura
  • Dermatitis kontak (alergi atau iritasi)
  • Gigitan serangga
Untuk sementara, hindari dulu memakaikan sepatu tertutup kepada bayi, untuk menjaga agar bintik-bintik tersebut tidak lembab. Apabila bayi sudah mulai berjalan, hindari gesekan sebisa mungkin. Hindari juga menyentuh atau berusaha memecahkan bintik-bintik tersebut, karena bisa memicu infeksi lanjutan.Apabila bintik tersebut tidak menghilang dalam waktu satu minggu, atau disertai demam dan keluarnya bintik di lokasi lain, sebaiknya segera konsultasikan ke dokter spesialis anak. Dokter akan melakukan pemeriksaan fisik dan penunjang yang diperlukan, lalu akan memberikan penanganan yang sesuai, misalnya salep atau obat minum. Salam sehat,
dr Sylvia
cacar airdermatitisdermatitis kontak
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil