Apakah penyebab bintik merah pada anak bayi?

YI Info Penanya: YI
Dokter saya mau tanya,, anak saya berusia 8 bln, badanya tumbuh binti" merah di punggung dan leher, klau hilang bintik" merah nya jadi putih kyk panu,itu knp ya dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, YI

Terima kasih atas pertanyaan Anda

Bintik-bintik kemerahan pada kulit bisa terjadi pada semua usia mulai dari bayi sampai dewasa. Bintik-bintik kemerahan pada anak pada umumnya tidak berbahaya, namun ada juga yang merupakan suatu kondisi kesehatan tertentu yang tidak dapat disepelekan.

Adapun beberapa penyebab bintik kemerahan pada anak adalah:

Terkait dengan keluhan Anak anda, bila anak rewel kemungkinan bintik merah dirasakan gatal. Pastikan Anak anda menggunakan pakaian dengan bahan yang meneyrap keringat, jaga kebersihan diri Anak dan lingkungan, hindari menggaruk dengan kuku karena dikhawatirkan akan melukai kulit, gunakan sabun dengan bahan lembut serta menggunakan air hangat, gunakan handuk denganbahan lembut untuk mengeringkan badan, oleskan krim utnuk melembabkan kulit anak, usahakan anak tetap tercukupi kebutuhan cairanya agar tidak dehidrasi, dan mengonsumsi MPASI dengan gizi yang seimbang.

Bila tidak membaik, segera periksakan anak Anda ke dokter spesialis anak, untuk dilakukan pemeriksaan dan penatalaksaan yang sesuai dengan penyebabnya. 

Semoge bermanfaat.

kesehatan 

Salam sehat,

 

dr. Dian

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Manfaat vitamin E untuk kesehatan kulit antara lain dapat meningkatkan perlindungan kulit dan menyamarkan bekas luka

6 Khasiat Vitamin E untuk Kulit Ini Dibutuhkan Pria Maupun Wanita

Khasiat vitamin E untuk kulit antara lain meningkatkan perlindungan kulit, menyamarkan bekas luka, memperpanjang usia sel, dan memberikan perlindungan ekstra pada kulit. Vitamin E juga dapat mempertahankan sistem kekebalan tubuh. Apa saja manfaat vitamin E untuk kulit itu?