Bingung terjadi keguguran atau tidak?

M Info Penanya: M
Dok, sy tengah mengandung dan memasuki usia kandungan 8minggu, dan kemarin sempat terjdi pendarahan dan keluar gumpalan berwarna gelap dan sebesar telapak tangan orang dewasa, sempat terjdi pendarahan ringan hanya sehari. Tapi sampai sekarang mual msih saya alami. Ingin segera usg akantetapi sedang libur hri raya dan msih psbb. Apakah saya msih hamil atau telah terjadi keguguran?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang M,

Hamil trimester pertama adalah masa-masa di mana rawan untuk terjadinya keguguran, karena ukuran janin masih sangat kecil dan mudah luruh.

Tanda-tanda keguguran adalah:

  • Keluar gumpalan darah dan darah sangat banyak.
  • Perut terasa nyeri atau kram.
  • Badan lemas.
  • Demam.
  • Nyeri pinggang.

Perihal kondisi Anda yang hamil 8 minggu dan keluar gumpalan darah sebesar telapak tangan maka hal tersebut suatu kegawatan dan wajib segera periksa ke RS bisa ke bagian IGD atau PONEK, tidak perlu menunggu poliklinik kandungan buka baru periksa. Nantinya dokter atau bidan akan melakukan pemeriksaan dan dikonsultasikan ke dokter kandungan. Yang perlu dilakukan adalah USG untuk mengetahui kondisi janin Anda masih ada atau tidak.

Untuk keluhan mual, memang bisa saja masih dirasakan meski sudah terjadi keguguran, karena hormon kehamilan yang menyebabkan mual bisa bertahan di tubuh hingga 3-4 minggu meski sudah mengalami keguguran.

Pastikan untuk minum air putih yang banyak untuk mengganti darah yang keluar agar badan tidak lemas, dan banyak beristirahat.

Salam sehat,

dr. Vina

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

menjadi suami siaga merupakan bentuk dukungan kepada istri yang sedang hamil

5 Tips untuk Jadi Suami Siaga Idaman Pada Masa Kehamilan

Ingin mendukung istri di masa kehamilannya dengan menjadi suami siaga, tapi tidak tahu bagaimana caranya? Ikuti tips berikut untuk jadi suami siaga idaman.