23 Sep 2021, 11:34Kandungan

Lepas KB suntik dan test pack garis 2 samar, apakah hamil atau tidak ?

HK
Info Penanya: HK0
Dok,mf saya mau tanya saya sudah lepas kb suntik selama 2 bulan ,, setelah 2 bln maag saya kambuh seharian full tanpa jeda sakit nya sampai saya nangis karna sakit bgt tembus ke belakang setelah sembuh 3 hari kemudian perut saya merasa seperti orang ngidam ,saya tespek hasil nya garis 2 tpi yg satu samar" ,penasaran 2 hari saya tes lg hasilnya pun sama ,tpi setelah 5 hari saya tes lg negative dok ,,apa ada kemungkinan saya hamil ?saya jg dah periksa ke bidan negative ,tpi perutnya subur.
177 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Selamat siang, H.Lepas KB suntik dan kemudian telat haid pada wanita dapat disebabkan oleh kehamilan dimana kehamilan dapat diperiksa menggunakan test pack. Terkadang hasil test pack yang samar membuat wanita ragu apakah memang dirinya hamil atau tidak.

Lepas KB suntik dan test pack garis 2 samar, apakah hamil ?

Anda sudah lepas KB suntik selama 2 bulan. Setelah 2 bulan maag Anda kambuh, sangat nyeri hingga tembus ke belakang. Setelah sembuh 3 hari kemudian perut Anda terasa seperti orang ngidam.Anda melakukan test pack didapatkan hasil garis 2 tapi yang satu samar dan 2 hari kemudian Anda test pack kembali dan hasil masih sama. Setelah 5 hari, Anda test pack lagi namun hasil negativ dan saat periksa ke bidan hasil test pack juga negatif, dapat disebabkan oleh beberapa faktor antara lain : 
  • Hasil test pack awal merupakan positif palsu karena alat test pack yang digunakan dalam kondisi tidak baik, membaca hasil pemeriksaan terlalu lama, efek dari penggunaan sabun kewanitaan atau berhubungan sebelumnya.
  • Anda mengalami keguguran sehingga membuat hasil test pack menjadi negatif setelah periksa ulang 5 hari kemudian. 
Anda yang melakukan 4 kali pemeriksaan dan didapat 2 hasil berbeda, ini dapat membuat Anda binggung. Untuk itu sebaiknya lakukan USG secara transvaginal di dokter kandungan jika memang Anda telat datang bulan atau tidak kunjung datang bulan setelah lepas KB terutama diikuti gejala awal kehamilan termasuk morning sickness. Hamil atau tidak hamil, Anda tetap harus menjaga kesehatan dengan makan lebih teratur, hindari makanan yang dapat memicu asam lambung, makan bergizi, istirahat yang cukup, lakukan olahraga secara rutin.Semoga bermanfaat.Salam sehat.dr. Lidya Hapsari. 
tes kehamilancara menggunakan test packusg
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil