06 Nov 2020, 05:41Penyakit Lainnya

Keluar bercak merah mudah setelah haid

MA
Info Penanya: MA0
Dok, jika keluar darah warna merah muda tetapi bukan bercak sebelum masa suci habis itu darah apa ya dok? Kasusnya tanggal 29 saya selesai haid, dan tanggal 5 saya mengeluarkan darah warna merah muda beserta lendir gtu dok
302 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Adhi Pasha Dwitama
(0)
Selamat malam MA,Keluar bercak darah setelah menstruasi adalah gejala yang bisa terjadi karena sisa menstruasi, masalah hormonal, adanya gangguan di organ reproduksi seperti polip, tumor jinak, endometriosis, kista, infeksi ataupun keputihan yang tidak normal dan penyebab lainnya. Flek darah juga bisa merupakan tanda hamil jika setelah menstuasi ada riwayat melakukan hubungan seksual.Hal ini bisa merupakan hal yang tidak berbahaya dan tidak memerlukan penanganan khusus, kecuali jika flek atau perdarahan menjadi deras ataupun terjadi lebih dari 7 hari. Upayakan memperbaiki kesehariannya agar keluhan dapat berkurang dan teratasi. Beberapa yang bisa dilakukan agar haid lancar diantaranya:
  • Cukup tidur dan istirahat
  • Hindari dan kelola stres
  • Olahraga rutin seperti misalnya yoga, jogging
  • Menjaga asupan makanan yang bernutrisi
  • Hindari begadang
  • Minum air putih minimal 2 liter sehari 
Jika di siklus berikutnya kembali terjadi flek diluar masa menstruasi, ada baiknya memeriksakan diri pada dokter spesialis kandungan dan kebidanan untuk memastikan apa yang jadi penyebabnya. Dimana nantinya dapat dilakukan pemeriksaan baik pemeriksaan lab darah, USG, pemeriksaan hormonal ataupun pemeriksaan lain yang diperlukan.Semoga bermanfaat.Salam sehat,dr. Adhi P.
siklus haidmenstruasiflek kecoklatanflek darah
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil