Terlambat haid 2 bulan, apakah hamil?

N Info Penanya: N
Bagaimana membedakan hamil 2 bulan dengan haid yang telat 2 bulan?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, N.

Haid adalah kondisi luruhnya dinding rahim yang keluar sebagai darah dari liang vagina. Haid terjadi secara alami dan tidak dapat diatur kapan akan datang, karena mekanisme haid diatur oleh sistem hormon tubuh. Apabila ada gangguan pada satu atau lebih hormon tubuh, maka haid akan menjadi tidak teratur.

Penyebab Haid Terlambat

Di masa ini, terlambat haid seringkali diidentikan dengan kehamilan, apalagi pada mereka yang sudah menikah dan rutin melakukan hubungan seksual. Saat hamil, seseorang memang mengalami perubahan hormon tubuh yang menyebabkan haid tidak terjadi. Tetapi, ada juga kondisi lain yang menyebabkan hormon terganggu, yaitu:

  • Penggunaan alat kontrasepsi hormonal, seperti pil, suntik, atau implan
  • Konsumsi obat-obatan golongan tertentu
  • Stres atau kelelahan
  • Gangguan tiroid
  • Sindrom ovari polikistik
  • Perubahan berat badan yang sangat drastis

Semua penyebab di atas bisa menyebabkan haid terlambat sampai dua bulan, seperti yang Anda alami. Nah, untuk membedakan apakah Anda hamil atau tidak, Anda dapat melakukan testpack. Jika yang muncul hanya satu garis, berarti Anda tidak hamil; Sedangkan jika dua garis, maka berarti hamil.

Atau, Anda juga bisa berkonsultasi kepada dokter spesialis kebidanan dan kandungan. Dokter akan melakukan pemeriksaan USG rahim, untuk mengetahui apakah ada kantung kehamilan atau tidak. 

Jika benar hamil, jangan lupa untuk selalu mengonsumsi makanan bergizi agar kesehatan ibu dan janin senantiasa terjaga, ya. Penuhi juga kebutuhan cairan dengan rajin minum air putih. Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,
dr Sylvia

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

siklus menstruasi yang normal berlangsung selama 28 hari

Siklus Menstruasi yang Normal dan Membedakannya dengan yang Tidak Normal

Mengetahui siklus menstruasi tidak cuma membantu merencanakan kehamilan, tapi juga mengantisipasi gangguan kesehatan. Siklus menstruasi normal itu seperti apa?