08 Dec 2020, 20:13Psikologi

Apakah sering mengulang tindakan termasuk OCD?

SA
Info Penanya: SA, Wanita, 18 Tahun
Assalamu'alaikum dokter, selamat malam. Aku perempuan 18th. Dokter, aku mau nanya. Kenapa ya setiap melakukan suatu kegiatan apapun itu aku selalu ngulangin terus-terusan, kayak misalnya nyapu/ngepel. Kata orang rumah aku kalo nyapu lamaaa banget, dari A ke B terus ke C, balik lagi ke A terus B terus A lagi. Udah sampe tengah pintu keluar juga aku ngerasa harus balik lagi ke A, mau nangis karena capek bolak balik terus, tp mau nangis juga soalnya ngerasa belum bersih-bersih.
236 Views
2 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Farahdissa
(0)
Selamat malam, SATerima kasih atas pertanyaannya.Melakukan hal yang sama berulang kali karena merasa ada yang kurang jika tidak diulang merupakan penanda gejala dari OCD.  OCD (Obessesive Compulsive Disorder) adalah gangguan dimana seseorang memiliki pemikiran yang berulang dimana membuat orang tersebut melakukan tindakan yang diulang-ulang.  Tindakan tersebut contohnya seperti mencuci tangan, memeriksa sesuatu, atau bersih-bersih.  Kondisi ini dapat menganggu aktivitas dan kehidupan sehari-hari. Obsessive adalah suatu pikiran yang terus menerus yang dapat menyebabkan seseorang menjadi cemas.  Sedangkan compulsion adalah tindakan berulang yang dilakukan atas perintah obsession.  Tindakan ini dimaksud untuk mencegah tekanan yang terjadi dipikiran. 

Beberapa contoh tindakan kompulsif :

  • Bersih-bersih karena pikiran takut pada kuman, debu ataupun zat yang akan mengkontaminasi jika tidak dibersihkan.
  • Mengulang tindakan sebagai cara untuk mengalihkan kecemasan.
  • Memeriksa pintu yang terkunci, kompor yang sudah dinyalakan, bahkan mengubah-ubah arah perjalanan agar tidak menabrak orang.
  • Memindahkan barang karena merasa kurang simetris atau tidak sesuai dengan ruangan.
Pemikiran yang berulang umumnya wajar pada setiap orang bahkan dapat membantu aktivitas lebih terorganisir.  Namun, pada orang dengan OCD, pemikiran ini akan terus berulang dan jika tidak dilakukan akan menimbulkan stress.  Apabila hal ini membuat anda tertekan dan sangat menganggu aktivitas anda, ada baiknya coba untuk berbicara dengan psikiater agar dapat ditangani sedini mungkin.  Anda juga dapat mencoba untuk meditasi, yoga ataupun kegiatan rileksasi lainnya untuk mengelola stress dan cemas akibat OCD.Semoga penjelasan ini bermanfaat. Salam seehat,dr. Farah
kesehatan mentalmasalah kejiwaanpenyakit kejiwaan
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil