06 Jun 2021, 22:31Perut

Bagaimana membedakan sesak karena jantung atau lambung?

ES
Info Penanya: ES0
Dok, saya merasakan sesak di dada, kerongkongan seperti ada yang menganjel yang mengakibatkan sya semakin sesak?. Trus panas kek kebakar di dada kmudian menjalar kepunggung lengan sama perut tapi tidak sepanas yang di punggung dok. Saya juga kliyengan dan lengan kanan saya sakit dok. Apa benar itu penyakit jantung seperti di google???
303 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Evelin Kwandang
(0)
Halo E,Sesak, rasa menganjal ditenggorokan, rasa terbakar di dada, punggung dan perut, dan kliyengan merupakan gejala dari peningkatan asam lambung yang disebut juga dengan gerd. Penyakit GERD (gastroesophageal reflux disease) disebabkan adanya iritasi pada lapisan dinding lambung yang kemudian menyebabkan keluhan seperti yang Anda rasakanAsam lambung yang meningkat sangat tinggi dapat naik hingga ke esofagus (kerongkongan) rasa terbakar mulai dari ulu hati hingga tenggorokan belakang serta dapat menyebabkan mulut terasa pahit, mual, dan muntah.Penyebab dari peningkatan asam lambung angat beragam mulai dari stres, kegemukan, hingga adanya pola makan yang buruk. Penderita GERD perlu mengatur pola makan dan tidak boleh mengalami terlambat makan. Penderita sebaiknya mulai belajar untuk makan dalam jumlah sedikit tapi sering, dan menghindari makanan asam dan pedas.

Mengatasi keluhan lambung

Konsumsilah obat antasida 3x sehari sebelum makan untuk mengatasi keluhan Anda atau lakukan pemeriksaan ke dokter terdekat terlebih dahulu. Jika disebabkan oleh jantung keluhan akan lebih terasa nyeri dada kiri disertai nyeir menjalar ke bahu dan lengan kiri sehingga adanya keluhan nyeri lengan kanan tidak berhubungan dengan keluhan ini. Anda juga dapat melakukan pemeriksaan EKG untuk memastikan kondisi jantung dalam keadaan baik.Salam sehat
dr. Evelin Kwandang
asam lambungmaaggerd
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil