06 Jan 2021, 20:59Kandungan

Apakah 2 hari setelah berhubungan seksual bisa hamil ?

AA
Info Penanya: AA0
Halo Dok, saya berhunungan intim tgl 18 desember dan 28 desember dan sperma tumpah di dalam. Lalu taggal 29 desember pasangan saya haid. Lalu mulai tanggal 4 januari kami berhubungan lagi dan sperma buang luar. Lalu tggl 6 januari sekarang pasangan saya merasa ada ciri2 awal kehamilan mulai dari mual dan lain2. Apakah pasangan saya hamil dok? Terimaksih
262 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Selamat pagi, A.Kehamilan memang sesuatu yang luar biasa, terlebih bagi pasangan yang  sudah lama menikah dan ingin mempunyai keturunan. Namun beberapa pasangan malah cemas dan takut jika setelah berhubungan seksual wanita tidak datang bulan, mengalami mual dan muntah. Salah satu tanda awal kehamilan memang  tidak terjadi menstruasi namun harus dipastikan kembali dengan pemeriksaan lanjutan baik fisik, urin, dan USG.

Apakah 2 hari setelah berhubungan seksual bisa hamil ?

Kehamilan memang dapat terjadi setelah berhubungan seksual, baik sperma dikeluarkan di luar vagina, ataupun di dalam vagina. Ejakulasi yang  dilakukan di luar vagina masih menyebabkan kehamilan karena penis mengeluarkan cairan yang dapat mengandung sperma sebelum ejakulasi berlangsung.Jika sperma yang ada di cairan pra ejakulasi ini berhasil membuahi sel telur yang  telah matang, maka pembuahan akan terbentuk. Pembuahan  terjadi dalam 24 jam pertama, yang mana hasil pembuahan ini akan membentuk zigot dan dibawa ke rahim sebagai bakal janin untuk melakukan penempelan (implantasi janin). Saat setelah janin menempel, maka hormon kehamilan akan dihasilkan. Hormon kehamilan ini akan terus meningkat dan terdeteksi di urin. Test pack dapat positif dan diikuti tanda kehamilan yang lain seperti mual berlebihan, dapat timbul sekitar 10 sampai 14 hari setelah berhubungan seksual. Bahkan ada yang harus menunggu hingga usia kehamilan mencapai 4 minggu.Untuk itu, mual muntah yang pasangan Anda rasakan, belum tentu karena kehamilan, bisa disebabkan oleh asam lambung yang meningkat. Jika dalam bulan ini pasangan Anda tidak kunjung haid, maka lakukan pemeriksaan urin atau konsultasi di dokter spesialis kandungan. Jangan lupa untuk menggunakan alat kontrasepsi jika Anda belum siap memiliki anak.Semoga bermanfaat.Salam sehat.Dr. Lidya Hapsari.
tes kehamilanmerencanakan kehamilankontrasepsi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil