10 Jan 2021, 19:12Psikologi

Apa yang menyebabkan timbul rasa sedih seperti tidak memiliki siapapun ?

SN
Info Penanya: SN0
aku masih kelas 2 SMP . pertemanan aku lama2 berkurang skrg cuman ada 2 orng yg selalu disamping aku // aku bisa diblg kurang dkt dengan ortu, mereka ga bisa pahamin aku dan jd tmpt curhat merka strict sm aku. aku suka rasa capek lelah sama hidup ini pen nangis biar lebih lega tapi susah , tapi kdang hal kecil biasa aja aku bisa cpt ngis.... aku susah untuk cari kebahagiaan , kebahagiaan aku cumn nonton drakor , ngemil , tidur. ada apa yang terjadi sebenernya di diri aku ini? aku capek
117 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Selamat pagi, S.Rasa kesal, kecewa, sedih, merasa tidak punya orang yang memperhatikan diri, merasa hidup sendiri, memang sesuatu hal yang normal terjadi. Terlebih dengan kondisi keluarga terutama orang tua yang kurang dekat dan memahami anak. Kondisi ini juga sering dialami oleh anak dengan keluarga broken home. Rasa sedih yang tidak segera diatasi, dapat membuat anak menjadi depresi.

Apa yang menyebabkan timbul rasa sedih seperti tidak memiliki siapapun ?

Perhatian, kasih sayang terhadap anak harus selalu orang tau berikan. Kadang karena sibuk dengan pekerjaan, urusan rumah tangga, sehingga orang tua tidak memberikan perhatian yang penuh terhadap anak. Padahal anak mempunyai rasa ingin dimanja, berbagi cerita, dan keluh kesah pada orang tua. Rasa sedih ini juga dapat bertambah berat karena tidak ada teman yang dapat berbagi masalah, terlebih sekolah online seperti saat sekarang, membuat teman yang tadinya dekat terasa semakin menjauh.

Bagaiman caranya untuk berbagi keluh kesah dan bahagia ?

Agar Anda tidak merasa sedih, lakukan hal-hal yang Anda sukai. Jika Anda merasa kesepian, ajak orang tua untuk berbicara, utarakan apa yang Anda rasakan, apa yang Anda mau, dan bagaimana sikap orang tua seharusnya terhadap diri Anda. Lakukan olahraga yang menyenangkan di rumah, atau belajar memasak kue dan cemilan ringa. Usahakan untuk tidak menyendiri. Telfon atau video call teman untuk sekedar curhat masalah yang Anda alami. Keluhan yang Anda alami bisa krena gejala depresi atau asa sedih yang wajar dialami.Jika perasaan sedih yang anda alami terasa hingga lebih dari 2 minggu, diikuti rasa tidak berguna, kehilangan minat, tidak bisa tidur, menangis secara terus menerus, rasa lelah, dan bahkan ada keinginan untuk bunuh diri, segera ajak orang tua untuk konsultasi ke dokter spesialis kejiwaan.Semoga bermanfaat.Salam sehat.dr. Lidya Hapsari.
mengatasi depresipenyebab depresigangguan stres akut
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil