29 Jan 2021, 04:05Kulit & Kelamin

Benjolan pada bibir vagina kiri

S
Info Penanya: S0
Hi Doc.. I don't know how to explain . But i hv 1 ketulan or biji kecil sebesar kacang hijau maybe ... Sebelah kiri. Kedudukan biji tu bebetul dekat area lubang tengah tu but belah kiri . Mostly saya basuh alat sulit saya. Saya akan lalukan air di bhaagian tengah tengah lubang tu . Then tadi saya basuh and cuba la raba rabaa area situ . Dan rasa ketulan or biji belah kiri area lubang tu . Tak rasa sakit . Saya belum berkawin . Saya nak tahu punca, merbahaya atau tk and kenapa benjolan tu ade .
137 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Sylvia V
(0)
Selamat pagi, S.Sampai saat ini, para dokter yang menjawab pertanyaan forum SehatQ belum menguasai dengan sempurna bahasa selain Inggris dan Indonesia. Oleh karena itu, sebelumnya mohon maaf apabila ada kesalahan dalam interpretasi pertanyaan Anda, namun semoga bisa dijawab dengan baik, ya.Apabila diterjemahkan ke Bahasa Indonesia, berikut keluhan yang Anda alami:
  • timbul benjolan kecil sebesar kacang hijau
  • benjolan tersebut timbul di bagian kiri bibir vagina
  • tidak ada rasa sakit pada benjolan
  • benjolan tanpa sengaja dirasakan saat sedang membasuh vagina
Nah, apabila benar demikian, salah satu penyebab tersering timbulnya benjolan di bibir vagina adalah karena kista bartholin. Biasanya, ketika berukuran kecil, kista ini tidak nyeri. Namun, kista ini dapat membesar seiring berjalannya waktu dan menjadi nyeri, terutama apabila tergesek pakaian dalam.Selain kista bartholin, kemungkinan lain adalah folikulitis. Hal ini biasanya terjadi pasca mencukur rambut kemaluan, namun tanpa sengaja menyebabkan luka pada akar rambut dan menyebabkan infeksi. Folikulitis cenderung tidak nyeri dan biasanya dapat sembuh dengan sendirinya.Tapi, untuk memastikan, alangkah baik apabila Anda berkonsultasi ke dokter spesialis kulit dan kelamin. Nantinya akan dilakukan pemeriksaan fisik dan penunjang untuk menilai benjolan tersebut, kemudian Anda akan diberikan penanganan yang tepat setelah penyebabnya diketahui dengan jelas.Selain itu, upayakan agar Anda senantiasa menjaga kebersihan organ intim, dengan membasuhnya setiap habis buang air. Usahakan memilih pakaian dalam yang tidak ketat, agar vagina tidak lembab. Semoga bermanfaat. Salam sehat,
dr Sylvia 
kesehatan organ intimfolikulitiskista bartholin
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil