Buah zakar bengkak sebelah tapi tidak sakit, kenapa ya?

DS Info Penanya: DS, Pria, 21 Tahun
Dok mau tanya,Biji sebelah kanan saya bengkak tapi tidak ada rasa sakit?kira kira kenapa ya dok?Apa harus ada penanganan lebih lanjut dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang DS,

Buah zakar yang bengkak sebelah sebenarnya adalah hal yang normal. Dimana ukuran testis kanan dan kiri bisa berbeda ukurannya, tetapi jika perbedaan tampak signifikan dan bengkak secara tiba-tiba sebaiknya dilakukan pemeriksaan.

Hal yang dapat menyebabkan testis bengkak

Testis yang bengkak bisa timbul karena beberapa kemungkinan seperti:

  • Adanya infeksi di buah zakar
  • Infeksi di kantung buah zakar
  • Radang testis
  • Adanya hernia
  • Adanya pelebaran pembuluh darah di testis atau varikokel
  • Adanya penumpukan cairan
  • dan penyebab lainnya

Normalnya ukuran testis kanan dan kiri bisa berbeda, tetapi jika perbedaan tampak signifikan dan bengkak secara tiba-tiba sebaiknya dilakukan pemeriksaan.

Untuk itu bisa coba juga coba lakukan perabaan di area testis apakah ada rasa nyeri ataupun benjolan di testis. Nantinya bisa juga diperiksakan pada dokter spesialis urologi agar dipastikan apa penyebabnya.

Dokter akan melakukan pemeriksaan fisik dan pemeriksaan tambahan seperti pemeriksaan USG dan pemeriksaan lain yang diperlukan. Seringkali pembengkakan testis bisa reda dengan pengobatan, tetapi jika penyebabnya lebih serius maka perlu tindakan medis seperti operasi. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Ada banyak fakta dan mitos mengenai penis dan ereksi keras

7 Fakta dan Mitos Ereksi Keras dan Penis yang Mencengangkan

Ada banyak mitos dan fakta terkait penis dan ereksi keras yang beredar di masyarakat. Beberapa fakta seperti sejak bayi, laki-laki dapat mengalami ereksi bahkan sejak janin namun hal tersebut disebabkan karena adanya respons alamiah tubuh bukan stimulus seksual.