14 Mar 2021, 23:39Kulit & Kelamin

Biduran yang tak kunjung sembuh, apa penyebabnya?

ND
Info Penanya: ND0
Hi dok,kenapa ya?saya seminggu lebih ini mengalami biduran dan bidurannya akan parah apabila malam kalau siang gak parah saya sudah minum obat ctm tapi tak kunjung sembuh itu kenapa ya dok??
191 Views
2 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Sylvia V
(0)
Selamat malam, ND.Biduran, atau dalam bahasa medis dikenal dengan urtikaria, adalah suatu penyakit kulit yang disebabkan oleh kondisi alergi. Jika timbul pada malam hari saja; maka kemungkinannya bisa alergi dengan udara dingin, atau dengan sesuatu yang ada di dalam kamar tidur (misalnya debu, bahan selimut, atau bulu boneka).Satu-satunya cara agar biduran dapat sembuh dengan sempurna adalah dengan menghindari pencetusnya. Meskipun sudah mengonsumsi obat anti alergi seperti CTM (chlorpheniramine maleate), namun jika paparan pencetus dialami kembali, biduran dapat kambuh lagi.Untuk itu, saat ini Anda dapat mencoba mengurangi paparan penyebab alergi yang umum, dengan cara:
  • mengatur suhu AC ruangan agar tidak terlalu dingin
  • gunakan syal atau baju berbahan agak tebal
  • pastikan kamar bersih dari debu
  • lakukan sedot tungau pada tempat tidur secara berkala
  • hindari selimut atau sprei dari bahan wol
Apabila sudah menjauhi beberapa penyebab alergi yang umum namun keluhan tak kunjung membaik, coba pertimbangkan untuk melakukan tes alergi. Ada beberapa metode tes alergi yang dapat dilakukan, misalnya patch test, prick test, atau tes IgE atopy. Konsultasikan terlebih dahulu ke dokter kulit untuk mengetahui tes mana yang cocok untuk Anda. Lalu, ketika hasil tes sudah keluar, Anda juga dapat mendiskusikannya dengan dokter tersebut. Semoga bermanfaat. Salam sehat,
dr Sylvia
alergiurtikariabiduran
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil