23 Nov 2020, 18:04Kulit & Kelamin

Bagaimana mengatasi biduran saat menyusui?

PP
Info Penanya: PP0
Salam dok.. Saya busui, menderita biduran selalu konsumsi omegtamin. Sudah 10bulan sejak bayi saya lahir. Apa kah salah saya konsumsi obat itu dok?? Dan apa solusi biar saya sembuh?
730 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Adhi Pasha Dwitama
(0)
Selamat siang PP,Biduran adalah keluhan gatal pada seluruh tubuh dan bisa menimbulkan ruam ataupun bentol pada kulit. Penyebab biduran sendiri bisa beragam sehingga bisa menyebabkan kambuh-kambuhan jika tidak mengetahui apa pencetusnya.

Penyebab biduran

Beberapa penyebab biduran sendiri diantaranya adalah:
  • Udara dingin atau panas
  • Gigitan serangga
  • Stres
  • Keringat
  • Paparan debu
  • Paparan zat kimia tertentu
  • Bahan pakaian atau kain tertentu
  • Paparan matahari lama
  • Efek samping obat
  • Alergi makanan dan minuman tertentu
Obat omegtamin yang Anda konsumsi sendiri berisi obat antihistamin dan obat kortikosteroid yang hanya meredakan gejala saja. Obati ini tidak boleh digunakan dalam jangka panjang dan juga merupakan obat resep, jadi hindari mengonsumsi obat tersebut terus menerus tanpa pemeriksaan dan resep dokter apalagi jika sedang menyusui.Untuk meredakan biduran bisa menggunakan beberapa cara lain seperti mandi air dingin, agar paparan alergen bersih dari badan, kompres dengan air dingin di bagian yang gatal, gunakan losion calamine, atau gunakan bahan alami seperti gel lidah buaya. Jika sering kali kambuh, periksakan pada dokter spesialis kulit agar dipastikan apa penyebabnya dan juga bila perlu dilakukan tes alergi. Semoga bermanfaat.Salam sehat,dr. Adhi P.
alergiurtikariadermatitisbiduran
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil