13 Jul 2020, 09:28Kulit & Kelamin

Apakah gejala dan penyebab biduran?

SU
Info Penanya: SU, Wanita, 27 Tahun
pagi dok, sy mau tanya, sudah 1 bulan lbh saya biduran dok, biduran bisa ilang setelah sy minum obat, tetapi setelah 2 hri sy hrus minum obat lagi karna kalau tidak bidurannya kambuh, jadi seperti ketergantungan obat. dulu sy pernah biduran kalau pas cuaca dingin tapi biasanya tidak lama paling nggak sampai sehari sudah sembuh. kira2 kenapa ya dok? langkah apa yang harus sy ambil dok supaya saya bisa sembuh total, terus nanti kalu sy hamil apa minum obat biduran berbahaya bagi janin dok?
9495 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Dwiana Ardianti
(0)
Selamat sore, STerima kasih atas pertanyaan AndaBiduran atau dalam istilah medis disebut dengan urtikaria merupakan suatu ujud kelainan pada kulit yang berupa adanya ruam kemeraahan dsiertai dengan adanya peninggian pada lapisan kulit (bentol yang luas) dan diarasakan gatal.  Umumnya, reaksi biduran ini dapat membaik setelah terhenti dari paparan alergen (zat atau benda yang memicu terjadinya reaksi alergi). Namun, pada kondisi-kondisi tertentu, biduran ini dapat bertahan hingga lebih dari 6 minggu.

Adapun tanda dan gejala dari biduran adalah:

  • Adanya bentol kemerahan pada area tubuh
  • Bentol muncul dengan berbagai macam ukuran, bentuk dan variasi
  • Dirasakan gatal
  • Kadang dapat dipicu dengan adanya stres, panas, atau olahraga
Biduran dapat disebabkan oleh berbagai macam hal, seperti reaksi alergi, efek samping dari obat-obatan, gigitan serangga, infeksi, garukan, perubahan suhu ruangan, stres, cahaya matahari olahraga, alkohol ataupun makanan-makanan tertentu, adanya tekanan berulang pada kulit dan lain sebagainya. Komplikasi biduran bisa menjadi berbahaya apabila terjadi reaksi alergi yang berat, yaitu dengan dsiertai sesak napas, pembengkakan pada mulut, pembengkakan pada kelopak mata dan lidah. Oleh karena itu, sebaiknya segera periksakan diri Anda ke dokter spesialis kulit terdekat untuk mengetahui penyebab dari biduran. Sehingga dapat menghindari faktor pencetusnya. Umumnya obat dengan golongan antihistamin, dapat meringankan gejala yang muncul namun tidak mengobati penyebabnya. Jagalah kebersihan diri dan lingkungan, hindari faktor pencetus alergi pada diri Anda, konsumsi makanan sehat dan bergizi, cukupi kebutuhan cairan harian Anda.Semoga bermanfaat. Salam sehat, dr. Dian 
gatalurtikariabiduran
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil