Biduran gatal apa solusinya?

MS Info Penanya: MS, Wanita, 36 Tahun
Dok saya mau tanya udah hampir 1 minggu badan saya gatal2 merah kaligata( bidura ) gak kunjung sembuh. Klu saya minum cetirizene gatalnya hilang selama 2 hari nanti gatal gatalnya kambuh lagi, saya lagi menyusui bayi umur 10 bulan. Sepertinya ada ngaruhnya ke air susu saya, ank saya jadi mual2. Kenapa kaligata muncul terus jika saya gak minum obat cetirizene. Klu minum dexametason gak mempan padahalnya saya minum 2tablet sekali minum . Apa yg harus saya kasih biar hilang permanen dok ? Terimakas
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang MS,

Kaligata adalah ruam kemerahan yang menimbul bila dibanding dengan permukaan kulit di sekitarnya yang terasa sangat gatal.

Kaligata atau biduran ini muncul sebagai reaksi tubuh bila ada faktor alergen yang masuk atau terpapar ke tubuh. Macam-macam alergen dapat berupa makanan (seafood, ikan laut, telur, cokelat, kacang, dll), cuaca dingin, debu, bulu binatang, serbuk bunga, dll.

Reaksi alergi ini bisa muncul mendadak meski sebelumnya Anda tidak memiliki riwayat alergi.

Yang harus Anda lakukan adalah mengenali kapan reaksi alergi tersebut muncul, dan faktor alergen apa yang kira-kira menimbulkan reaksi alergi tersebut.

Cetirizine dan dexametason adalah obat-obatan yang hanya meredakan gejala alerginya saja dan menghilangkan rasa gatalnya saja, namun tidak menghilangkan penyebab gatalnya sendiri.

Jadi selama penyebabnya belum Anda hindari, maka reaksi alergi akan kambuh-kambuhan dan seperti ketergantungan dengan obat anti histamin tersebut.

Untuk meredakan rasa gatalnya Anda juga bisa mengoleskan bedak salisil atau mengompres ruam kemerahan menggunakan es batu.

Lakukan pemeriksaan ke dokter kulit bila reaksi alergi terus muncul, karena dokter akan menyarankan untuk pemeriksaan tes alergi sehingga dapat diketahui hal-hal apa saja yang menyebabkan reaksi alergi Anda.

Salam sehat,

dr. Vina

 

 

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Alergi pada anak, seperti misalnya alergi obat, bisa menyebabkan reaksi alergi berupa gatal-gatal

Obat Bisa Sebabkan Alergi pada Anak, Kenali Faktor Risikonya

Alergi pada anak bentuknya bermacam-macam, bisa karena udara dingin, makanan, debu, zat kimia, hingga obat-obatan. Khusus untuk alergi obat, ada berbagai faktor risiko yang dapat meningkatkan kemungkinan anak Anda terkena alergi ini. Salah satunya adalah faktor keturunan.