Bibir terasa kering, kaku

P Info Penanya: P, Wanita
Hallo dok, bibir saya tersa kaku, kering. Ketika senyum agak susah dok, kalau agak d paksaiin seperti ad yang membelah. Sebelumnya kmren area bibir terasa gatal dan area kulit yg d atas bibir teasa gatal juga, serta terbakar, kering.Ini semau mmbuat tdk nyaman dok. Kenapa ya dok? Bagaimana cara mnyembuhkannya? Terimakasih dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, P.

Bibir yang kering dan kaku adalah salah satu gejala dari kondisi medis yang berhubungan dengan kesehatan mulut dan kesehatan tubuh secara keseluruhan. Beberapa kondisi tersebut diantaranya adalah mulut kering, kekurangan nutrisi tertentu hingga dermatitis atau eksim bibir

Terkait dengan keluhan yang Anda alami, keadaan bibir kering dan kaku tersebut munkin terjadi karena salah satu kondisi yang dipaparkan diatas. Jika keadaan tersebut telah seringkali hilang timbul, mungkin terjadi karena eksim bibir. Namun, untuk memastikannya, diperlukan terlebih dahulu pemeriksaan lebih lanjut oleh dokter Spesialis Kulit untuk diagnosis yang lebih akurat.

Eksim bibir sendiri merupakan keadaan radang yang terjadi di daerah bibir dan sekitarnya. Umumnya ditandai dengan adanya bibir yang pecah-pecah, sensasi terbakar, gatal, nyeri serta kemerahan di sekitar bibir.

Untuk mengatasi keadaan bibir yang kering tersebut, Anda dapat melakukan beberapa tisp berikut yang diantaranya adalah :

  • menggunakan pelembap bibir jeli petroleum
  • mengonsumsi air putih yang cukup (2,5 L/hari untuk wanita)
  • hindari kebiasaan membasahi bibir dengan air liur
  • menggunakan bahan alami seperti, 
  • menghindari paparan bahan kimia kosmetik yang berlebih
  • hindari udara yang terlalu dingin
  • hindari paparan sinar matahari langsung yang cukup lama

Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan terimakasih telah menggunakan layanan aplikasi SehatQ.

Salam sehat,

dr. Rahmita Dewi

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Bibir pecah-pecah dan mulut kering merupakan tanda dari dermatitis atau eksim bibir

Sering Mengalami Bibir Pecah-pecah? Waspadai Bahaya Dermatitis pada Bibir

Bibir pecah-pecah dan mulut kering adalah tanda dari dermatitis atau eksim di bibir. Anda dapat mengobatinya dengan pelembab bibir yang mengandung Jeli Petroleum.