06 Feb 2021, 19:57Kulit & Kelamin

Bibir kering dan kaku, apa solusinya?

NW
Info Penanya: NW0
Hallo dok, saya mau tanya bagian bibir bawah saya yang sebelah kanan kering dan kaku, dan kakunya itu bulat dok padahal saya sudah memakai pelembab apa saja tapi masih utuh, kalau saya kelopek besoknya begitu lagi, gimana dok solusinya?
117 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Sylvia V
(0)
Selamat pagi, NW.Bibir kering adalah kondisi ketika kulit bibir mudah mengelupas. Apabila bibir kering, maka seringkali ada gejala lain yang menyertai seperti kaku, gatal, pecah-pecah atau perih. Apabila Anda sudah menggunakan pelembab namun kondisi tersebut masih terjadi, berarti kemungkinan besar penyebab bibir kering Anda bukanlah dari faktor luar. Ada faktor-faktor dari dalam tubuh yang juga dapat memicu bibir kering, misalnya:
  • kurang minum air putih
  • defisiensi vitamin B
  • konsumsi makanan pedas
  • konsumsi jenis obat tertentu
  • sering melakukan napas dari mulut
Jadi, harus dicari tahu terlebih dahulu apa penyebab dari bibir kering Anda. Lalu, perbaiki penyebab tersebut. Sebagai contoh, apabila disebabkan oleh defisiensi vitamin B, maka coba konsumsi makanan seperti alpukat, daging merah, dan sayur-mayur untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Apabila sering konsumsi makanan pedas, maka coba hentikan.Apabila keluhan bibir tak kunjung membaik setelah melakukan langkah-langkah di atas, coba periksakan keluhan ini kepada dokter spesialis kulit. Nantinya akan dilakukan serangkaian pemeriksaan yang diperlukan, dan dapat diberikan penanganan yang sesuai terhadap kondisi Anda; baik berupa modifikasi gaya hidup, obat, atau produk perawatan kulit. Semoga bermanfaat. Salam sehat,
dr Sylvia
kulit sehathiperpigmentasi bibirbibir kering
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil