Apakah kawat gigi bisa memundurkan rahang?

SM Info Penanya: SM, Pria, 18 Tahun
dok jadi gigi saya itu rspi dok cuma bibir monyong krna gigi atas saya besar dok apakah pake behel bisa mundurin rahang y dok tlog dijwb dok mksh
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, SM.

Kawat gigi adalah alat yang dipasang pada gigi, untuk memperbaiki susunan yang tidak rapi. Kawat gigi biasanya dipasang setelah semua gigi susu tanggal dan digantikan oleh gigi permanen. Selain itu, kawat gigi juga diperuntukkan bagi mereka yang memiliki gigi tonggos, yaitu kondisi rahang atas lebih maju daripada rahang bawah.

Terkait kondisi yang Anda sampaikan, memang ada beberapa kondisi rahang yang bisa diperbaiki dengan kawat gigi. Tetapi, tidak semuanya. Ada juga kondisi yang hanya bisa diperbaiki dengan pemasangan alat ekspansi gigi, pencabutan gigi, maupun operasi.

Oleh sebab itu, sebaiknya berkonsultasilah kepada dokter gigi untuk mengetahui penanganan yang tepat untuk kondisi Anda. Jika memang bisa diperbaiki dengan kawat gigi, Anda juga bisa melakukan prosedur tersebut di dokter gigi.

Untuk sementara, hindari kebiasaan seperti mengisap jempol atau mendorong-dorong gigi dengan lidah, ya. Selain itu, walaupun Anda merasa gigi tidak sempurna, sebaiknya tetap disyukuri dan dijaga dengan baik, karena dengan gigi tersebut Anda bisa mengunyah makanan dengan baik.

Terima kasih, semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,
dr. Sylvia

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Pemasangan kawat gigi ditujukan untuk mengatasi susunan gigi yang berantakan

Kenali Dulu Jenis dan Prosesnya, Sebelum Anda Pasang Kawat Gigi

Pemasangan kawat gigi ditujukan untuk mengatasi susunan gigi yang berantakan. Jika ingin memasangnya, yang harus Anda lakukan adalah pemeriksaan dan pencetakan gigi.