bibir kering udah di beri pelembab dan menghitam

CH Info Penanya: CH, Wanita, 2019 Tahun
Dok kenapa ya bibir saya selalu kering padahal udah dikasi pelembab dan juga dia menghitam ada garis garisnya menghitam jadi pas kering banget mulut serasa ketarik kalau senyum ini kejadian udah lama sih sudah sbluan lebih tpi tetap bgitu trus. Itu bagaimana ya dok cara obatinnya?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam CH

Bibir kering dapat terjadi akibat beberapa hal seperi bibir sensitif alergi akibat penggunaan zat kimia tertentu (lipstik atau lipglos), faktor cuaca yang terlalu panas atau dingin, paparan sinar matahari atau memiliki penyakit yang mendasari seperti sariawan dan infeksi jamur mulut. 

Jika bibir terlalu kering akan menciptakan peradangan pada bibir, salah satu efek dari bekas peradangan akan memicu hiperpigmentasi atau menjadi kehitaman. 

Saya sarankan anda untuk menghidari gonta ganti penggunaan lipstik atau kosmetik yang memicu reaksi radang pada bibir, hindari mengkonsumsi makanan panas dan pedas,hindari paparan sinar matahari langsung, perbanyak minum air putih. Selain itu penggunaan pelembab bibir terbukti memberikan manfaat untuk kelembapan bibir dan mencegah kehitaman pada bibir. 

Salam sehat

dr.Zulham 

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Bibir pecah-pecah dan mulut kering merupakan tanda dari dermatitis atau eksim bibir

Sering Mengalami Bibir Pecah-pecah? Waspadai Bahaya Dermatitis pada Bibir

Bibir pecah-pecah dan mulut kering adalah tanda dari dermatitis atau eksim di bibir. Anda dapat mengobatinya dengan pelembab bibir yang mengandung Jeli Petroleum.