10 Sep 2019, 10:50Penyakit Lainnya

Bibir kering dan terasa kaku

N
Info Penanya: N, Wanita, 21 Tahun
bagian bibir saya kering dan terasa kaku, bagian atas bibir juga merah-merah gitu dok, agak gatal. Di bibir dan atas bibir rasanya kaku dan tidak nyaman, saya jadi punya kecenderungan untuk selalu membasahi bibir saya. Kenapa ya dok? bagaimana solusinya?
59372 Views
2 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Adhi Pasha Dwitama
(0)
Selamat siang N,Bibir dan mulut yang terasa kering dapat menimbulkan rasa tidak nyaman dan juga dapat membuat rasa nyeri ketika akan berbicara atau membuka mulut. Penyebab bibir terasa kering dan kemerahan sendiri dapat beragam seperti diantaranya:
  • Udara yang kering
  • Kurang asupan cairan atau mengalami dehidrasi
  • Terjadi peradangan pada bibir
  • Alergi makanan, minuman, kebiasaan menjilati bibir atau produk kosmetik atau bahan kimia lainnya
  • Infeksi baik disebabkan oleh virus atau jamur kulit
  • Efek samping obat 
  • Stres
Untuk itu hindari kebiasaan membasahi bibir dengan cara menjilati bibir karena malah dapat memicu bibir lebih mudah kering, gunakan pelembap bibir atau lipbalm yang memiliki kandungan ceramides, petroleum jelly, shea butter, dan tabir surya, upayakan juga untuk minum air putih lebih banyak, gunakan air purifier untuk melembapkan udara ruangan, dan konsumsi makanan bernutrisi untuk mengurangi dan mencegah bibir kering. Jika keluhan bertambah berat hindari juga untuk menggigit atau menarik kulit bibir yang kering karena dapat menimbulkan iritasi dan memicu infeksi. Periksakan pada dokter agar mendapatkan penanganan sesuai dengan penyebabnya. Semoga bermanfaat.Salama sehat,dr. Adhi P.
alergikulit keringbibir kering
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil