Bibir kering dan terasa kaku

N Info Penanya: N, Wanita, 21 Tahun
bagian bibir saya kering dan terasa kaku, bagian atas bibir juga merah-merah gitu dok, agak gatal. Di bibir dan atas bibir rasanya kaku dan tidak nyaman, saya jadi punya kecenderungan untuk selalu membasahi bibir saya. Kenapa ya dok? bagaimana solusinya?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang N,

Bibir dan mulut yang terasa kering dapat menimbulkan rasa tidak nyaman dan juga dapat membuat rasa nyeri ketika akan berbicara atau membuka mulut. Penyebab bibir terasa kering dan kemerahan sendiri dapat beragam seperti diantaranya:

  • Udara yang kering
  • Kurang asupan cairan atau mengalami dehidrasi
  • Terjadi peradangan pada bibir
  • Alergi makanan, minuman, kebiasaan menjilati bibir atau produk kosmetik atau bahan kimia lainnya
  • Infeksi baik disebabkan oleh virus atau jamur kulit
  • Efek samping obat 
  • Stres

Untuk itu hindari kebiasaan membasahi bibir dengan cara menjilati bibir karena malah dapat memicu bibir lebih mudah kering, gunakan pelembap bibir atau lipbalm yang memiliki kandungan ceramides, petroleum jelly, shea butter, dan tabir surya, upayakan juga untuk minum air putih lebih banyak, gunakan air purifier untuk melembapkan udara ruangan, dan konsumsi makanan bernutrisi untuk mengurangi dan mencegah bibir kering. 

Jika keluhan bertambah berat hindari juga untuk menggigit atau menarik kulit bibir yang kering karena dapat menimbulkan iritasi dan memicu infeksi. Periksakan pada dokter agar mendapatkan penanganan sesuai dengan penyebabnya. Semoga bermanfaat.

Salama sehat,

dr. Adhi P.

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Reaksi alergi dari antibiotik dapat menyebabkan kulit melepuh dan mengelupas

Kulit Melepuh dan Mengelupas Bisa Saja Berkaitan dengan Alergi Antibiotik

Antibiotik adalah jenis obat yang paling sering menimbulkan reaksi alergi. Reaksinya bisa ringan hingga berat, salah satu reaksi alergi antibiotic yang berat adalah Stevens-Johnson Syndrome yang menyebabkan kulit melepuh dan mengelupas.