Mau periksa rapid test, gratis atau bayar?

KA Info Penanya: KA, Pria, 46 Tahun
selamat siang,apakah rapid test dikenakan biayajika punya atau tidak ada bpjs apakah tetap kena biaya untuk rapid testkarena sebelumnya sempat kontak dengan pasien terduga covid19
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, K

Terima kasih atas pertanyaan Anda

Corona adalah salah satu virus yang menyerang sistem saluran napas. Saat ini telah ditemukan jenis baru dari virus corona yang menajadi pandemi yaitu Covid-19. Hingga saat ini sudah banyak ditemukan orang di dunia yang terinfeksi virus tersebut bahkan tidak sedikit pula yang meninggal.

Gejala awal yang muncul pada infeksi virus ini adalah demam tinggi dengan suhu diatas 38 o Celcius, adanya nyeri tenggorokan yang disertai dengan batuk (umumnya batuk kering, namun bila terdapat infeksi sekunder bisa ditemukan batuk berdahak), dan juga ada sesak napas. Gejala penyerta lainnya beserta komplikasi corona setiap individu bisa berbeda-beda tergantung dari faktor usia dan juga ada atau tidaknya penyakit penyerta pada individu tersebut.

Terkait dengan apa yang Anda tanyakan, pemeriksaan yang dapat digunakan untuk mendeteksi adalah dengan rapid test (skrining) dengan pemeriksaan darah dan juga pemeriksaan swab (usap lendir tenggorok / hidung). Jika Anda memiliki riwayat kontak dengan pasien yang dinyatakan positif sebaiknya segera lakuan pemeriksaan ke fasilitas kesehatan terdekat untuk mendapatkan pemeriksaan fisik dan juga pemeriksaan penunjang lain yang dirasa diperlukan. Untuk saat ini baik pasien dengan BPJS ataupun tidak memiliki BPJS untuk dilakukan rapid test, harus menggunakan biaya pribadi (membayar). Harga pemeriksaan ini bervariasi pada masing-masing tempat. Saat ini banyak juga terdapat beberapa klinik / fasilitas kesehatan memberikan rapid test masal secara gratis. 

Tindakan yang bisa Anda lakukan saat ini adalah:

Jika muncul gejala dan memberat, segera hubungi 119 ext 9 untuk mengetahui apakah Anda perlu ke Rumah Sakit rujukan atau tidak.

Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,

 

dr. Dian

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Untuk mencegah infeksi selama kehamilan, selalu jaga kebersihan diri anda, dan hindari area endemik infeksi.

Waspadai Infeksi-infeksi Ini Selama Masa Kehamilan

Salah satu kondisi yang paling ditakutkan selama kehamilan adalah infeksi. Hal itu disebabkan efek dari infeksi dapat memengaruhi kesehatan ibu hamil dan janin dalam kandungan. Beberapa infeksi virus yang dapat menyerang ibu hamil adalah klamidia, herpes, zika, dan rubella. Untuk pencegahannya, Anda disarankan untuk menghindari area endemik infeksi, selalu menggunakan kondom saat berhubungan seksual, dan menjaga kebersihan.