Sperma menyentuh bagian luar vagina, apakah bisa hamil?

SU Info Penanya: SU, Pria, 1 Tahun
Hallo dok, klo sperma laki" keluar,, terus kena bagian luar vegina perempuan apakah bisa nyebabkan hamil,,??
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, SU.

Sperma adalah sel yang dihasilkan oleh organ reproduksi pria. Sperma akan dikeluarkan saat proses ejakulasi, dimana dalam sekali ejakulasi ada sekitar jutaan sperma yang keluar. Apabila kualitasnya baik, sperma-sperma ini akan memiliki kepala dan ekor yang normal, sehingga akan memudahkan sperma untuk bergerak dan berenang sampai ke dalam rahim.

Apabila satu saja sperma masuk ke dalam rahim dan berhasil membuahi sel telur, maka akan terjadi pembuahan, yang minggu demi minggu akan mengalami perkembangan sebagai janin. Proses ini disebut sebagai kehamilan. 

Lalu, apabila sperma menyentuh bagian bibir vagina, dimana itu sangat dekat dengan liang vagina, maka kemungkinan kehamilan tetap ada, walaupun lebih kecil. Karena, seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, sperma mampu berenang ke dalam vagina, lalu ke dalam rahim, hingga akhirnya bertemu dengan sel telur dan membuahinya. 

Oleh karena itu, apabila nantinya pasangan Anda mengalami keterlambatan haid, ada baiknya lakukan testpack atau USG rahim di dokter spesialis kebidanan dan kandungan untuk konfirmasi kehamilan. Apabila benar hamil, jagalah kehamilan baik-baik dengan mengonsumsi makanan bergizi dan minum air putih yang cukup.

Tetapi, apabila negatif dan memang sebenarnya Anda bermaksud untuk mencegah kehamilan, untuk ke depannya disarankan penggunaan kontrasepsi tambahan seperti:

Anda dapat membicarakan dengan pasangan Anda metode kontrasepsi apa yang akan digunakan. Masing-masing kontrasepsi memiliki cara penggunaan, efek samping, serta jangka waktu pencegahan kehamilan yang berbeda. Oleh karena itu, gunakan yang cocok dan sesuai, ya.

 

Salam sehat,
dr Sylvia

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Saat hamil tubuh mengalami perubahan tertentu sehingga ada beberapa pantangan

Waspada! Inilah Hal yang Harus Anda Hindari saat Hamil

Ada beberapa pantangan yang harus dihindari oleh ibu hamil seperti, makanan dan minuman yang mengandung alkohol, pestisida, produk kecantikan, makanan kaleng.