Apakah bisa hamil jika ejakulasi dilakukan di luar vagina?

PJ Info Penanya: PJ, Pria, 25 Tahun
Dok saya mau tanya, cewe say haid tanggal 13 dan saya berhubungan tanggal 23. Saya berhubungan mengeluarkan nya di luar setelah itu say berhubungan lagi. Apa kah itu berpotensi akan hamil?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, PJ

Terima kasih atas pertanyaan Anda

Kehamilan merupakan kondisi yang dinantikan setiap pasangan. Jika menginginkan kehamilan maka sebaiknya berhubungan seksual dilakukan saat masa subur. Selain itu tujuan dari ejakulasi dilakukan di dalam vagina adalah untuk memudahkan bertemunya sel telur wanita terhadap sel sperma dari pria atau sering disebut dengan istilah pembuahan.

Tanda pasti dari kehamilan adalah tidak datangnya siklus menstruasi yang diikuti dengan hasil positif pada tes kehamilan, hasil pemeriksaan fisik oleh dokter serta hasil dari pemeriksaan USG kandungan.

Terkait dengan keluhan yang Anda tanyakan, jika ejakulasi dilakukan diluar vagina maka kemungkinan untuk terjadinya kehamilan sangatlah kecil. Namun jika setelah itu menstruasi terlambat, bisa melakukan tes kehamilan untuk lebih memastikan. Bila ANda ragu-ragu, bisa memeriksakan diri ke dokter spesialis kandungan terdekat untuk dilakukan USG kandungan.

Pastikan Anda tetap menjaga diri dan lingkungan, makan makanan bergizi seimbang, istirahat cukup, hindari stres dan kelelahan serta lakukan olahraga agar badan tetap bugar.

Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,

 

dr. Dian

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Baik pria dan wanita, termasuk ibu hamil, sama-sama bisa mendapatkan manfaat onani

Tak Perlu Malu, Ini Manfaat Onani untuk Kualitas Hidup Anda

Onani atau masturbasi adalah aktivitas seksual yang sering dianggap tabu untuk dibicarakan. Secara medis, onani bermanfaat meningkatkan produksi berbagai hormon baik, menurunkan level stres, meningkatkan kualitas tidur dan mengikis nyeri pada ibu hamil. Manfaat onani terasa apabila tidak dilakukan berlebihan.