Berapa kali frekuensi buang air kecil yang normal?

SU Info Penanya: SU, Wanita, 15 Tahun
Dok saya dri kecil beser sampe skrg trs gabisa pergi jauh jauh soalnya beberapa jam sekali pipis,itu normal?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, SU.

Buang air kecil adalah proses alamiah yang terjadi pada tubuh. Pada proses ini, cairan yang diminum akan disaring dan bahan-bahan yang berguna bagi tubuh akan diserap oleh ginjal, lalu sisa cairan yang tidak terpakai akan dikeluarkan dalam bentuk urine. Jadi, selama masih ada cairan yang masuk, maka proses buang air kecil akan terjadi.

Dalam sehari, seseorang normalnya buang air kecil sebanyak 4-8 kali, yaitu sekitar 3-8 jam sekali. Tetapi, ada beberapa kondisi dimana seseorang akan lebih sering buang air kecil, yaitu:

  • Terlalu banyak mengonsumsi air putih
  • Mengonsumsi kopi atau teh yang mengandung kafein
  • Infeksi saluran kemih
  • Batu saluran kemih
  • Diabetes mellitus (kencing manis)
  • Konsumsi obat-obatan jenis tertentu

Oleh karena itu, apabila Anda mengalami sering buang air kecil, coba pastikan dulu apakah Anda terlalu banyak minum atau tidak. Anda dapat membaca terkait kebutuhan cairan yang dibutuhkan di tautan ini, dan mencoba untuk mengonsumsi air putih yang cukup (tidak kurang dan tidak lebih). Hentikan dulu kopi, teh, atau minuman lain selain air putih.

Tetapi, apabila Anda masih sering mengalami buang air kecil (lebih dari 8 kali per hari), atau bahkan terbangun di tengah malam hanya untuk berkemih, dikhawatirkan ada gangguan pada sistem saluran kemih Anda. Oleh karena itu, periksakan diri Anda ke dokter spesialis urologi, sehingga dapat dilakukan pemeriksaan fisik dan penunjang seperti urine rutin atau USG ginjal. Dengan demikian, akan diketahui penyebab kondisi Anda dan dapat diberikan penanganan yang sesuai.

 

Salam sehat,
dr Sylvia

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Protein dalam urin berlebih yang merupakan gangguan fungsi ginjal dapat terdeteksi saat melakukan medical check up

Saat Protein dalam Urine Berlebih, Proteinuria Adalah Konsekuensinya

Proteinuria adalah kondisi terdapatnya protein dalam urin. Hal ini disebabkan karena adanya gangguan fungsi ginjal yang menandakan tubuh sedang dalam keadaan tidak sehat.