30 Oct 2020, 16:46Kulit & Kelamin

Beruntusan di wajah, purging atau break out?

DS
Info Penanya: DS0
Hi dok , maaf mengganggu sebelum nya.. saya mau nanya nih dok. Saya remaja masih kelas XI SMA saya suda berjerawat terus dan sudah mempunyai flek hitam , dan juga saya mempunyai bekas jerawat yg susah sekali menghilang.. terus saya menggunakan facewash hadalabo yg ada kandungan AHA BHA nya dok.. tp memang awalnya muka saya baik baik saja.. tetapi lama kelamaan dimuka saya tumbuh beruntusan² kecil , saya harus bagaimana dok? Apa saya harus melanjutkan atau berhenti dok? Rekomendasi dong dok ??
296 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Dwiana Ardianti
(0)
Selamat pagi, DTerima kasih atas pertanyaan AndaPurging adalah reaksi kulit saat menggunakan produk perawatan kulit yang mempercepat penglupasan sel kulit mati sehingga akan ada sel kulit baru yang lebih bersih. Perlu diketahui bahwa sebelum sel kulit baru yang sehat datang, akan timbul minyak pada kulit yang menyumbat pori-pori dan memicu tumbuhnya jerawat bahkan kulit mengelupas.

Adapun beberapa zat aktif dalam produk perwatan kulit yang bisa memicu purging, yaitu:

Berbeda dengan purging, breakout adalah kondisi yang timbul akibat seseorang tidak cocok dengan suatu produk perawatan kulit. Untuk dapat membedakan purging dan breakout dapat diketahui dari:
  • Kandungan zat aktif dalam produk 
    Jika mengandung zat eksfoliasi dan retinoid seperti yang sudah di jelaskan di atas, maka kondisi yang Anda alami adalah purging
  • Area
    Munculnya jerawat akibat purging umumnya terletak pada area wajah yang biasanya timbul jerawat pada wajah Anda. Sedangkan, pada breakout, jerwat yang timbul terletak di area wajah yang tidak biasa timbul jerawat.
  • Durasi
    Break out berkisar 8-10 hari, sedangkan purging tegantung dari masing-masing jenis kulit dan juga paparan terhadap produk yang digunakan.
Terkait dengan pertanyaan Anda, jika yang Anda alami adalah purging maka Anda bisa tetap melanjutkan menggunakan produk tersebut dan disarankan menggunakannya secara bertahap misal seminggu 2 kali, lalu tingkatkan seminggu 3 kali dan berlanjut. Sedangkan jika yang Anda alami adalah breakout, sebaiknya hentikan penggunaan. Sebaiknya lakukan konsultasi ke dokter spesialis kulit terdekat untuk mendapatkan produk perawatan kulit yang sesuai dengan jenis kulit Anda. Semoga bermanfaat. Salam sehat, dr. Dwiana A
jerawatkesehatan kulitperawatan wajah
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil