Bagaimana cara mengatasi depresi?

SU Info Penanya: SU, Wanita, 20 Tahun
selamat malam dok,saya terlalu sensitif dan mudah marah akhirakhir ini. setiap marah saya selalu memiliki kecenderungan untuk melakukan suicide. setiap kali suasana saya kacau,waktu tidur saya menjadi berantakan,kadang saya sulit tidur,kadang ketika bisa tidur saya memiliki durasi tidur yang lebih lama dari biasanya . saya lebih sering mengurung diri dikamar ketimbang berbicara dengan keluarga . akhir akhir ini saya juga kehilangan nafsu makan saya. mengapa demikian ya dok ?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi SU,

Depresi adalah kondisi di mana mental mengalami gangguan akibat adanya berbagai masalah berat atau masalah yang datang terus menerus, dan orang tersebut gagal beradaptasi atau menyelesaikan masalahnya. Dan ada berbagai tingkatan depresi, namun bila sudah terpikir atau bahkan melakukan usaha bunuh diri, maka tentunya sudah tergolong dalam depresi berat.

Ciri-ciri seorang mengalami depresi:

  • Mudah marah atau uring-uringan serta emosi tidak stabil.
  • Gangguan tidur baik mudah mengantuk atau justru tidak bisa tidur samasekali. Perihal kondisi Anda yang saat bisa tidur kemudian tidur berlebihan tentu terjadi akibat sebelumnya Anda kurang tidur sehingga badan kelelahan.
  • Tidak napsu makan.
  • Menarik diri dari pergaulan sekitar untuk mengurangi kemungkinan Anda marah-marah.
  • Hilangkan minat terhadap hal-hal yang dulunya menyenangkan.
  • Terpikir untuk bunuh diri agar masalah bisa terselesaikan.

Yang dapat Anda lakukan agar depresi Anda tidak berkelanjutan adalah:

  • Berbagi cerita dengan orang lain untuk meringankan beban Anda.
  • Lakukan kesibukan baru agar pikiran tidak melayang-layang dan terpikir untuk bunuh diri terus.
  • Cari hal-hal yang menyenangkan untuk mengurangi stres Anda.
  • Hindari mengurung diri di kamar.

Bila keluhan sudah berlangsung lama dan sudah sering terpikir untuk bunuh diri, maka sebaiknya segera lakukan konseling dengan psikiater agar bisa ditangani dengan baik.

Salam sehat,

dr. Vina

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Banyak orang tidak tahu bagaimana rasanya depresi. Pemahaman tentang depresi sebaiknya dipelajari sebelum membantu penderita depresi, agar tidak semakin memperburuk gejala mereka.

Sebelum Anda Membantu Penderita Depresi, Pahami Gejalanya Terlebih Dahulu

Dengan banyaknya persepsi salah mengenai depresi di media sosial atau platform lainnya, menunjukkan bahwa banyak orang tidak tahu apa itu depresi dan bagaimana rasanya depresi. Pemahaman tentang depresi sebaiknya dipelajari sebelum membantu penderita depresi, agar tidak semakin memperburuk gejala mereka.