Berubah mood, cepat menangis, cemas, panik dan memilih untuk bunuh diri disertai ketakutan agar cepat mati

A Info Penanya: A, Wanita, 20 Tahun
Dok saya selalu berubah mood,sangat cepat menangis,terkadang merasa cemas,panik dan berkeringat di malam hari ditambah saya sedang menjalani pengobatan penyakit yang menurut pikiran itu akan membuat saya perlahan akan mati ,pengobatan yang tak ada ujung nya juga menganggap saya orang yang hanya merepotkan orang tua,saya selalu ingin bunuh diri,terkadang saya juga mengkonsumsi obat dalam jumlah banyak,alasannya agar saya cepat mati
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi A

Gangguan cemas panik dan perubahan mood merupakan tanda seseorang mengalami depresi, jika terdapat keinginan untuk bunuh diri dan halusinasi mungkin saja anda sudah jatuh pada keadaan gangguan depresi mayor. Gangguan depresi mayor ini memang sering terjadi pada seseorang yang memiliki riwayat trauma kekerasan, memiliki penyakit kronik yang berat atau dalam pengobatan penyakit jangka panjang. 

Saya sarankan agar anda berpikir fokus temukan pekerjaan atau hobi baru, hindari pekerjaan dengan tekanan tinggi, menceritakan masalah anda dengan orang terdekat, melakukan olahraga atau aktivitas diluar karena terbukti menyembuhkan gejala depresi. Selain itu anda bisa konsultasikan diri anda dengan dokter, melakukan psikoterapi mental kognitif dengan dokter spesialis kejiwaan atau psikiater. 

Salam sehat 

dr.Zulham

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Waspadai perilaku rewel pada anak, yang bisa menjadi gejala stres.

Anak Juga Bisa Stres, Begini Cara Menghilangkan Stres pada Anak !

Tidak hanya pada orang dewasa, stres juga bisa terjadi pada anak-anak. Sayangnya, belum banyak orangtua yang sadar akan hal ini. Anda dapat melihat bagaimana perubahan suasana hati pada anak hingga memantau perilaku anak di sekolah untuk memastikan apakah anak Anda mengalami stres.