Sakit perut, sesak napas, dan sakit kepala, apakah GERD?

LL Info Penanya: LL, Wanita, 14 Tahun
Sore dok saya lvi umur 15 th, saya mau bertanya akhir akhir ini saya sering sakit perut,terasa sesak nafas bergemuruh dan sakit kepala. Badan saya terasa lemas.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, LL.

Sakit perut yang disertai dengan sesak napas pada usia remaja seringkali disebabkan oleh GERD (Gastro Esophageal Reflux Disease), yaitu penyakit yang terjadi karena asam lambung yang refluks (naik kembali) ke tenggorokan. GERD seringkali disertai dengan keluhan lainnya, misalnya sakit kepala, sering bersendawa, maupun perut kembung.

Berikut beberapa kebiasaan makan yang dapat memicu kekambuhan GERD:

  • Langsung berbaring setelah makan
  • Sering mengonsumsi makanan asam, pedas, atau terlalu berminyak
  • Sering mengonsumsi teh atau kopi dalam jumlah banyak
  • Memiliki jam makan tidak teratur

Selain kebiasaan makan, tingkat stres yang terlalu tinggi juga dapat memicu GERD. Kebiasaan merokok, atau sedang mengonsumsi obat-obatan tertentu juga terkadang menjadi penyebabnya.

Oleh karena itu, disarankan agar Anda makan teratur dalam porsi kecil, dan konsumsilah makanan bergizi. Perbanyak buah-buahan dan sayur-mayur dan imbangi dengan minum air putih yang cukup. Hindari langsung berbaring setelah makan, setidaknya selama tiga jam.

Apabila keluhan tak kunjung membaik setelah melakukan hal-hal tersebut, bisa saja keluhan Anda disebabkan oleh penyakit lainnya, seperti gangguan hati, gangguan paru, maupun penyakit jantung bawaan. Sampaikan kepada orangtua agar mengantar Anda ke dokter spesialis anak, agar dapat diketahui penyebabnya dan diberikan terapi yang sesuai. Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,
dr Sylvia

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Minuman untuk asam lambung yang disarankan adalah air kelapa.

Kenali Minuman untuk Asam Lambung yang Baik Bagi Kesehatan Penderitanya

Minuman untuk asam lambung ternyata cukup beragam untuk dikonsumsi. Mulai dari teh herbal hingga yogurt, manfaatnya baik untuk penderita asam lambung.