Wasir luar pada balita, apakah harus dioperasi ?

KI Info Penanya: KI, Pria, 37 Tahun
Selamat malam dok?Saya mau tanya.di bagian luar anus anak saya,ada benjolan.kata dokter umum,itu ambeyen luar.untuk saat ini masih konsumsi obat.alhamdulillah agak mengecil.Apakah itu harus di operasi? Dan berapa kira kira biaya operasinya.Terimakasih.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, KII.

Wasir adalah keadaan pembengkakan pembuluh darah yang terletak di daerah anus dan bagian terakhir usus besar yang disebut dengan rektum. Dalam bahasa medis wasir dikenal dengan hemoroid, dan dikenal juga dengan ambeien di masyarakat luas. Terdapat dua jenis wasir yakni wasir internal yang terjadi di bagian dalam anus dan eksternal yang terjadi di luar anus.

Adapun beberapa penyebab dari wasir, diantaranya adalah :

  • kekurangan serat yang menimbulkan tekanan pada pembuluh darah
  • diare akut atau kronis
  • berat badan yang berlebihan
  • terlalu lama duduk di toilet

Mengenai keluhan yang dialami anak Anda, wasir pada anak dapat terjadi karena biasanya anak masih sulit mengonsumsi serat, sehingga terjadi sembelit yang kemudian membuat pembuluh darah anus mengalami tekanan saat proses buang air besar dengan kotoran yang keras. Mengenai pertanyaan Anda tentang operasi, pada dasarnya jika wasir telah membaik dengan pengobatan dan keadaan wasir ulang dapat dicegah, kemungkinan operasi dapat dihindarkan. 

Sementara Anda dapat melanjutkan mengonsumsi obat yang diberikan oleh dokter pemeriksa dan melakukan tips berikut untuk mencegah terjadinya wasir ulang pada anak Anda.

Tips mencegah kambuhnya wasir untuk anak Anda diantaranya adalah :

Jika keluhan msaih berlanjut, periksakanlah kembali anak Anda kepada dokter terdekat.

Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan terimakasih telah menggunakan layanan aplikasi SehatQ. Salam sehat, dr. Rahmita Dewi
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Sistem saluran kemih merupakan salah satu sistem ekskresi dalam tubuh manusia

Berbagai Penyakit pada Sistem Ekskresi dan Cara Mencegahnya

Penyakit pada sistem ekskresi sangat beragam, tergantung organ terjadinya, mulai dari infeksi saluran kemih, wasir, hingga kanker paru-paru. Berikut daftar lengkap seputar penyakit pada sistem ekskresi.