Bagaimana cara mengetahui anak kandung atau bukan?

MR Info Penanya: MR, Wanita, 1 Tahun
Saya pernah berhubungan dgn pacar saya sewaktu saya ditaiwan.trus saya pulang dari taiwan tgl 19 desember.saya berhubungan dgn suami saya 2x.bln januari saya gak menstruasi.dan saya hamil.yg saya tanyakan.apa itu ank dr suami saya ato ank dari pacar saya..bisa kah hamil instan dlm 2minggu...
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang MR,

Terimakasih atas pertanyaan Anda di SehaQ.

Kehamilan bisa terjadi ketika bertemunya sel telur dan sperma atau biasa di sebut dengan fertilisasi. Untuk kasus yang Anda alami, saat kehamilan yang Anda alami tidak bisa di pastikan terjadi karena pacar Anda atau suami Anda karena tidak dapat dipastikan kapan pembuahan terjadi.

Apabila Anda ingin mengetahui apakah janin tersebut adalah anak Anda atau bukan, Anda, pacar Anda, dan bayi bisa melakukan tes DNA setelah bayi dilahirkan. Tes DNA bisa menentukan dengan akurat hubungan paternitas atau hubungan antara orang tua dan anak. 

Sebenarnya tes DNA bisa dilakukan saat janin masih dalam kandungan dengan cara amnionsintesis dan pengambilan jaringan khorion. Namun tes DNA yang dilakukan saat janin masih dalam kandungan memiliki resiko keguguran yang cukup tinggi sehingga jarang ada dokter yang mau melakukan tes DNA sebelum bayi dilahirkan, apalagi jika tujuannya untuk mengetahui hubungan paternitas.

Jika Anda ingin mengetahui informasi lebih lanjut, Anda dapat berkonsultasi dengan dokter spesialis kandungan.

Semoga bermanfaat,

Salam sehat,

dr. Aisyah

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Beberapa tanda bahaya kehamilan yang harus disadari agar proses kehamilan berjalan dengan baik

Hati-Hati, 11 Tanda Bahaya Kehamilan Ini Perlu Diwaspadai Ibu Hamil

Tanda bahaya kehamilan yang harus disadari yaitu janin tidak bergerak, pendarahan vagina, sakit kepala dan gangguan penglihatan, nyeri di bawah perut, demam. Ini dilakukan agar proses kehamilan berjalan dengan baik.