10 Nov 2020, 17:50Kandungan

Melakukan seks dengan menggunakan kondom, apa bisa hamil?

NS
Info Penanya: NS, Wanita0
Dok saya mau bertanya apakah berhubungan dengan kondom bisa menyebabkan hamil? 1 Minggu lalu berhubungan badan lalu terasa perut nyeri dan punggung belakang sakit, apakah itu tanda kehamilan? Namun saya juga sering rebahan dg jangka yg lama Mohon di jawab dok?
1195 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Dwiana Ardianti
(0)
Selamat siang, NTerima kasih atas pertanyaan AndaMenggunakan kondom dengan baik dan benar, bisa membantu dalam mencegah kehamilan. Selain itu, dengan menggunakan kondom bisa membantu dalam mencegah penularan infeksi menular seksual. Jika saat melakukan hubungan seksual menggunakan kondom sejak awal dilakukan penetrasi (masuknya penis ke dalam vagina) dan dipastikan tidak ada bocor pada kondom, maka tidak terjadi kehamilan.Namun, apabila saat melakukan hubungan seksual, penetrasi awalnay tidak menggunakan kondom, dan menjelang ejakulasi baru dipasang kondom maka hal ini dikahwatirkan adanya cairan pra ejakulasi yang mengandung sperma berhasil masuk ke dalam vagina dan bisa menyebabkan kehamilan. Oleh sebab itu, perlu dipastian terlebih dahulu bagaimana penggunaan kondom tersebut. Terkait dengan pertanyaan Anda, perlu diketahui bahwa keluhan perut nyeri dan punggung belakang sakit setelah melakukna hubungan seksual bisa terjadi karena adanya keteganagan pada otot perut dan atau otot-otot sekitar panggul, ataupun akrena kondisi medis yang lainnya. Hal-hal yang Anda sebutkan bukan merupakan tanda pasti dari kehamilan.

Adapun tanda pasti dari kehamilan diantaranya adalah:

  • Hasil tes kehamilan positif
  • Hasil pemeriksaan fisik dokter
  • Hasil pemeriksaan alat scanning, yaitu USG kehamilan
Oleh karena itu, jika setelah melakukan hubungan seksual siklus haid Anda mengalami keterlambatan maka lakukanlah tes kehamilan untuk mendeteksi ada atau tidaknya kehamilan. Pastikan Anda tetap konsumsi makanan sehat bergizi, hindari stres, hindari kelelahan, hindari melakukan seks bebas dan jaga kebersihan area kewanitaan. Jika terdapat keluhan terkait organ reproduksi wanita atau ingin berkonsultasi terkait penggunaan KB, lakukanlah pemeriksan ke dokter spesialis kandungan terdekat.Semoga bermanfaat.
Salam sehat,
 dr. Dwiana A
hubungan sekssekshubungan seksualkehamilanpenggunaan kb
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil