12 Apr 2021, 18:11Infeksi

Apakah positif corona lagi atau tidak?

DD
Info Penanya: DD0
Dok,saya wanita umur 36 tahun...pada tanggal 20 Februari 2021 saya terkena covid pada saat saya hamil 7bulan...melakukan tes swab antigen hasilnya negatif...Krn bulan ini saya akan melahirkan jadi saya repites antibody dan hasilnya reaktif...apakah itu menunjukkan saya terkena positif Corona lagi atau apa ya dok...
131 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Adhi Pasha Dwitama
(0)
Selamat siang DD,Corona virus adalah infeksi virus yang saat ini menjadi pandemi dimana pemeriksaan sendiri ada beragam tetapi waktu dan penggunaannya perlu disesuaikan dengan kondisi pasiennya. Untuk pemeriksaan swab antigen sendiri lebih tepat untuk mencari ada tidaknya kondisi akut dari infeksi, apabila pemeriksaan terlalu cepat ataupun terlalu lama dari masa akut maka dapat menimbulkan hasil negatif.

Pemeriksaan antibodi covid-19

Untuk pemeriksaan antibodi sendiri apabila sebelumnya pernah terinfeksi covid dan sembuh maka dapat tetap positif sampai beberapa bulan, karena apabila pernah terinfeksi covid, tubuh sudah mengenali virus tersebut dan membentuk antibodi alami yang dapat mencegah penularan kembali ataupun jika terinfeksi kembali maka gejalanya bisa lebih ringan.Jadi apabila pernah terinfeksi covid-19 sebelumnya, jika dilakukan pemeriksaan antibodi dapat terdeteksi positif, tetapi bukan berarti terinfeksi kembali. Untuk memastikan terinfeksi kembali atau tidak perlu diperhatikan dari gejala yang terjadi dan dilakukan pemeriksaan swab PCR. Semoga bermanfaat.Salam sehat,dr. Adhi P.
infeksi viruscoronavirusvaksin corona
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil