Berhubungan kemudian haid apakah bisa hamil?

SU Info Penanya: SU, Pria, 20 Tahun
Dok sy kan main ni sama pertner tapi besoknya dya haid apa mungkin msih bisa hamil trus skrg telat 3 hari sudah haidnya
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang SU,

Terimakasih atas pertanyaan Anda di SehatQ.

Kehamilan merupakan salah satu hal yang sulit untuk diprediksi. Pada prinsipnya kehamilan bisa terjadi apabila terjadi pembuahan di dalam rahim oleh sel sperma terhadap sel telur. Pembuahan ini bisa terjadi saat wanita memasuki masa ovulasi (masa subur) pada saat itulah sel telur akan di lepaskan dan jika pada saat itu ada sperma yang masuk maka terjadilah proses pembuahan.

Berdasarkan keterangan yang Anda berikan, setelah berhubungan kemudian pasangan Anda mengalami menstruasi, kemungkinan tidak terjadi kehamilan. Karena setelah berhubungan dinding rahim luruh (menstruasi) karena tidak ada sel telur yang dibuahi. Namun Anda harus pastikan apakah darah tersebut memang menstruasi atau hanya flek saja. Jika flek, masih ada kemungkinan flek tersebut tanda implantasi.

Sebaiknya jika Anda dan pasangan belum menikah dan belum siap untuk hamil. Jangan melakukan hubungan yang berisiko terjadinya kehamilan. Jika Anda dan pasangan sudah menikah dan belum siap untuk hamil, Anda bisa menggunakan alat kontrasepsi untuk mencegah resiko terjadinya kehamilan seperti menggunakan kondom, suntik KB atau pil KB. Jika Anda membutuhkan informasi lebih lanjut, Anda dapat berkonsultasi ke dokter kandungan.

Semoga bermanfaat,

Salam sehat,

dr. Aisyah

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Preeklampsia adalah keracunan kehamilan

Preeklampsia adalah Komplikasi Serius yang Terjadi pada Kehamilan

Preeklampsia adalah keracunan kehamilan serius pada kehamilan. Risiko preeklampsia adalah berusia di atas 35 tahun, kehamilan pertama, dan gangguan ginjal.