11 Nov 2021, 23:12Perut

Nyeri panggul, mual dan merasakan sakit saat menstruasi

IW
Info Penanya: IW0
Dok sya mau tanya kalo sakit panggul sbelah kiri itu kenapa ya dok,dan mual yg nggk henti hentinya,dan ketika sya menstruasi itu sakit skali di bagian rahim,itu kenapa ya dok?
93 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Dwiana Ardianti
(0)
Selamat pagi, ITerima kasih atas pertanyaan AndaNyeri panggul adalah kondisi yang dirasakan oleh seseorag berupa rasa tidak nyaman dan sakit di area perut bagian bawah. Keluhan ini bisa terjadi pada pria ataupun wanita. Tatalaksana dan pengobatannya pun perlu disesuaikan dengan penyebabnya. Keluhan nyeri panggul ini bisa dirasakan dengan gejala lain seperti gangguan menstruasi, keputihan, demam dan lain sebagainya.

Di bawah ini adalah beberapa kondisi penyebab nyeri panggul pada wanita:

  • Infeksi saluran kemih
  • Infeksi penyakit menlar seksual
  • Batu ginjal
  • Radang dan infeksi pada kandung kemih
  • Kondiisi medis terkait denganeksehatan reproduksi wanita, seperti kista
  • Penyakit radang panggul
  • Hernia
  • Usus buntu
  • Kondisi medis yang lainnya
Terkait dengan apa yang terjadi pada Anda, salah stau penyebab dari nyeri panggul bisa karena kondisi di atas. Sedangkan terkait dengan keluhan mual bisa juga terjadi karena masalah pencernaan, stres, keracunan makanan atau kondisi medis lain. Untuk keluhan nyeri saat menstruasi, dalam istilah medis disebut dengan disemore. Kondisi ini adalah kondisi yang wajar dialami wanita saat sedang menstruasi, namun umunnya nyeri yang dirasakan ini tidak sampai menggangu. Apabila keluhan nyeri saat menstruasi ini diras cukup menggangu maka bisa disebabkan karean ada kondisi medis lain terkait kesehatan reproduksi.Beberapa keluhan yang Anda rasakan ini bisa berkaitan satu sama lain bisa juga tidak berkaitan. Oleh sebab itu, lakukanlah konsultasi dan pemeriksaan ke dokter teredekat untuk mendapatkan pengobatan yang sesuai dengan penyebabnya. Saat ini usahakan untuk konsumsi makanan yang bergizi, atasi stres, hindari kelelahan, hindari konsumsi makanan yang bisa memicu peningkatan asam lambung, dan minum air cukup. Berikan kompres hangat di area tubuh yang sakit untuk membantu mengurangi rasa nyeri.Anda juga bisa membaca beberapa forum kami yang lain terkait nyeri panggul di bawah ini:Apa penyebab nyeri panggul sebelah kiri?Nyeri panggul apa saja penyebabnya?Semoga bermanfaat. Salam sehat, dr. Dwiana A
menstruasipenyakit saluran kemihmasalah reproduksi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil