12 Jun 2021, 18:22Penyakit Lainnya

Merasa kehilangan kendali dan bergerak spontan?

RA
Info Penanya: RA0
Dokter saya sudah mengidap penyakit ini sejak kls 1 sd smapai skrg menginjak bangku kuliah, saya selalu kehilangan kendali pada saat-saat tertentu, saat akan bergerak spontan, atau memikirkan orang akan melihat kaki saya, lalu saya akan kehilangan kendali menggeliat agak sedikit geli seperti geli kesemutan. Namun sampai sekarang saya belum berobat dan saya tidak tau apa nama penyakit saya ini. Mohon dijawab saya sakit apa Terimakasih dok?
119 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Adhi Pasha Dwitama
(0)
Selamat siang RA,Gerakan yang tidak disadari disebut dengan gerakan involunter. Kondisi ini bisa timbul karena beragam kondisi, bisa gangguan saraf, bisa karena masalah otot, bisa juga karena pengaruh otak yang merangsang gerakan ataupun motorik tubuh. Gerakan yang tidak disadari ini bisa beragam jenis dan bentuknya seperti:
  • Kepala yang bergoyang sendiri
  • Menyentakkan kaki atau tangan
  • Kedutan atau tik
  • Rasa meringis
  • Kejang
  • Kedipan mata yang cepat

Kapan perlu dilakukan pemeriksaan oleh dokter?

Untuk itu perlu dilakukan pemeriksaan bisa pada dokter spesialis saraf jika keluhan sering kali terjadi dan dirasa mengganggu. Perlu untuk bisa mengendalikan pikiran agar menghindari hal yang bisa merangsang keluhan tersebut terjadi.Nantinya perlu dicari tahu ada tidak masalah yang menjadi penyebabnya, baik pada saraf di kaki itu sendiri ataupun adanya penyakit lain yang menjadi pemicunya. Bisa coba juga lakukan aktivitas fisik untuk membantu mengatasi keluhan Anda dan melatih koordinasi tubuh dan otak Anda. Semoga bermanfaat.Salam sehat,dr. Adhi P.
kejangmasalah sarafsistem saraf
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil