28 Mar 2021, 09:31Kandungan

Tidak haid apa karena postinor?

AS
Info Penanya: AS0
selmt pgi dok..dok saya mau tanya tgl 28 saya haid melakukan berhubngn badan tp saya minum obat pesitor 2 tablet sebelum dan sesudah...trus sekrng sya blm dtng bulan...apakah itu efek dri obat at gimn dok..teimaksih
134 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Vina Liliana
(0)
Selamat siang AS,Berhubungan seksual di masa haid tentu bukan ide baik karena akan meningkatkan risiko terjadinya infeksi meski memang berhubungan seksual akan mencegah kehamilan. Bila Anda ingin mencegah kehamilan seharusnya menggunakan kondom atau KB ketika berhubungan seksual, bukan dengan cara berhubungan seksual ketika Anda sedang haid.Karena berhubungan seksual di masa haid tidak mungkin terjadi kehamilan, maka seharusnya Anda tidak perlu meminum postinor sebagai kontrasepsi darurat apalagi cara minumnya salah sebelum dan sesudah berhubungan seksual. Cara minum postinor yang benar adalah tablet pertama diminum sesegera mungkin setelah berhubungan seksual dan tablet kedua diminum jarak 12 jam dari tablet yang pertama.Efek samping pil KB darurat ini bisa berupa gangguan siklus haid terlebih Anda meminumnya dalam kondisi masih haid sehingga tentunya akan terjadi ketidakseimbangan hormon yang menyebabkan sekarang Anda tidak haid. Yang perlu Anda lakukan agar haid kembali adalah banyak makan sayur dan buah, rutin berolahraga, minum air putih yang banyak, dan jangan stres.Sebaiknya gunakan KB bila Anda aktif berhubungan seksual tetapi tidak siap hamil. Karena Anda tidak bisa mengandalkan pil KB darurat setiap kali Anda berhubungan seksual.Salam sehat,dr. Vina
siklus haidhubungan seksualpenggunaan kbgangguan menstruasi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil