09 Mar 2021, 06:41Pernapasan

Tidak bisa mencium bau, apa saja penyebabnya?

AN*
Info Penanya: AN*0
Bu/pak dok saya berusia 19 tahun, saya ingin bertanya mengenai keadaan tubuh saya. Saya beberapa hari ini +/- 3 hari ini tidak dapat mencium bau dan juga merasakan makanan, hanya rasa pedas dan sesuatu lain yg memiliki rasa dan bau yang tajam saja yang dapat saya kenali. Selain itu, pagi ini saya melakukan olahraga pagi dan tenggorokan saya terasa sakit saat baru berlari selama 1 menit. Semalam saya sudah melakukan tes antigen, dan hasilnya negatif. kira-kira saya terkena penyakit apa ya dok?
179 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Dwiana Ardianti
(0)
Selamat siang, STerima kasih atas pertanyaan AndaTidak bisa mencium bau memberikan rasa yang tidak nyaman bagi seseorang. Kondisi tidak bisa mencium bau dalam istilah medis disebut dengan anosmia. Di dalam rongga hidung terdapat serabut-serabut saraf untuk indra penciuman. Adanya lendir, masa atau infeksi bisa mempengaruhi kinerja dari reseptor saraf tersebut untuk menerima bau-bauan. Kondisi ini tidak jarang disertai dengan beberapa keluhan penyerta seperti merasa hambar saat merasakan makanan, hidung tersumbat, rasa tidak nyaman pada tenggorokan, demam dan lain sebagainya.

Berikut ini adalah beberapa kondisi yang bisa menyebabkan anosmia:

  • Infeksi saluran napas, seperti influenza, covid19 dan lain sebagainya
  • Radang dan infeksi pada sinus atau disebut dengan istilah sinusitis
  • Gangguan saraf
  • Rhinitis
  • Polip hidung
  • Tumor
  • Kondisi medis yang lainnya
Terkait dengan apa yang terjadi pada Anda, beberapa kemungkinan penyebab dari keluhan Anda salah satunya bisa disebabkan karena kondisi yang sudah disampaikan di atas. Keluhan sakit tenggorokan bisa terjadi jika adanya infeksi dan peradangan pada tenggorokan dan juga saluran napas. Bila sudah melakukan swab antigen namun hasilnya negatif, alangkah baiknya untuk saat ini Anda memantau kondisi kesehatan Anda, tetap terapkan protokol kesehatan yang berlaku seperti menjaga jarak, menggunakan masker, mencuci tangan dengan sabun, dan sebagainya, tetap konsumsi makanan sehat bergizi, hindari kelelahan, minum air cukup, berolahraga ringan dan lakukan pemeriksaan kembali ke dokter spesialiS THT jika keluhan ini belum membaik. Semoga bermanfaat.
Salam sehat,
 dr. Dwiana A 
infeksi saluran pernapasaninfluenzapolip hidunganosmiacoronavirus
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil