24 Feb 2021, 19:58Psikologi

Mengalami serangan panik, takut mati, bagaimana cara mengatasinya?

BT
Info Penanya: BT, Wanita0
selamat malam dok. saaya baiq suratun tamsilan berusia 19. beberapa hari yang lalu saya mengalami gangguan panik, setelah saya mengalami saya menjadi takut sekali dengan mati, selalu terbayang-bayang akan mati, jika mendengar hal yang berbau kematian saya langsung lemas dan detak jantung menjadi cepat. dan ini mengganggu hari-hari saya dok. bagaimana cara mengatasinya?
197 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Aisyah Nur Ramadhani
(0)
Selamat Siang BT ,Terimakasih atas pertanyaan Anda di SehatQ.Serangan panik akan muncul gejala seperti sesak napas, jantung berdebar seperti ingin pingsan. Serangan panik bisa muncul karena seseorang merasa gelisah atau takut secara tiba-tiba. Serangan panik harus di tangani dengan tenang.Penyebab serangan panik bisa dicetuskan oleh perubahan suasana ingkungan yang ramai tiba-tiba sesak, stres, trauma akan keadaan tertentu, konsumsi alkohol, kafein atau NAPZA, keadaan mencekam seperti menonton film horor.

Beberapa cara mengatasi panik :

  • Kenali tanda-tandanya seperti jantung berdebar berkeringat, sesak napas, berkeringat berlebihan, gemetar, muncul rasa takut, pusing atau berasa ingin pingsan.
  • Hindari tempat yang dapat meningkatkan resiko panik
  • Atur nafas coba ambil nafas dengan dalam
  • Lakukan kegiatan yang positif, luangkan waktu untuk berolahraga
Jika dengan beberapa cara di atas Anda kesulitan untuk mengatasi seraangan panik, Anda dapat berkonsultasi ke psikiater terdekat dari lokasi Anda atau berkonsultasi secara online chat ke psikiater.Semoga bermanfaat,Salam sehat,dr. Aisyah
panikgangguan mentalgangguan panik
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil