16 Jan 2021, 19:43Penyakit Lainnya

Cara mengatasi kepala pusing berputar dan rasa dingin di tubuh

VY
Info Penanya: VY0
Halo dok, mau tanya kalo telapak kaki sering dingin, kepala sering merasa pusing saat mau berdiri ataupun tiduran muter muter gitu sama terkadang tubuh merasa kedinginan, itu kenapa ya?
642 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Hallo, V.Rasa kedinginan yang ditimbulkan dan dirasakan oleh seseorang bisa terjadi saat suhu suatu ruangan memang sedang dingin, atau saat seseorang mengalami demam, dimana suhu tubuh meningkat, tubuh berusaha menahan panas yang keluar dengan memberikan sensasi dingin, dan menggigil. Selain itu, tubuh akan terasa kedinginan saat seseorang dalam keadaan basah, kekurangan gula di dalam darah, menderita penyakit hipotiroid, malnutrisi, dan penyakit kronis lainnya.

Apa yang menyebabkan kepala terasa pusing berputar saat ingin berdiri ?

Saat seseorang berdiri dengan cepat, tanpa duduk terlebih dahulu beberapa saat, darah yang berada di otak, dan jantung, akan mengikuti gaya grafitasi, turun secara mendadak ke arah kaki, membuat darah di otak dan jantung berkurang sehingga menimbulkan pusing dan rasa ingin pingsan.  Hal ini disebut dengan hipotensi ortostatik. Selain itu, penyebab pusing berputar yang Anda alami bisa disebabkan oleh perpindahan dan perputaran cairan di dalam telinga yang memicu pusing serta telinga berdenging.

Cara mengatasi kepala pusing berputar dan rasa dingin di tubuh

Cara mengatasi kepala pusing berputar dan rasa dingin di tubuh antara lain :
  • Selalu pelan-pelan saat berpindah posisi, baik saat akan berdiri, sedang melakukan gerakan sholat, menggelengkan kepala, dan menunduk.
  • Kontrol kesehatan baik tekanan darah dan sel darah merah (hemoglobin).
  • Makan secara teratur dan hindari telat makan.
  • Konsumsi segelas minuman hangat manis saat timbul gejala.
  • Segera istirahat dengan berbaring dan memejamkan mata.
  • Gunakan baju yang lebih hangat saat kedinginan.
Jika keluhan pusing berputar dan rasa kedinginan di tubuh terus Anda rasakan, diikuti dnegan perasaan akan pingsan dan jatuh, pandangan berputar dan kepala sangat nyeri, serta mual muntah, segera ke dokter untuk peemriksaan dan penatalaksanaan.Semoga bermanfaat.Salam sehat.dr. Lidya Hapsari.
hipotensikedinginanvertigo
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil