05 Jan 2021, 14:16Kandungan

Kenapa belum menstruasi lebih dari 1 bulan ?

E
Info Penanya: E0
Dok saya dan pasangan saya berhubungan di bulan november sesudah beberapa hari haid terus dibulan desember saya telat haid 1 bulan dan tiba-tiba saya haid dibulan januari ini tgl 3,,itu knpa ya dok?Tks
183 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Selamat pagi, E.Gangguan menstruasi dapat terjadi baik setelah berhubungan seksual maupun beum pernah melakukan hubungan seksual. Gangguan menstruasi ini bermacam-macam, mulai dari menstruasi yang terus menerus, tidak datang menstruasi sesuai tanggal seharusnya, menstruasi yang diikuti nyeri perut melilit, menstruasi yang terjadi 2 kali dalam sebulan atau datangnya menstruasi melebihi siklus menstruasi normal.

Kenapa belum menstruasi lebih dari 1 bulan ?

Telat datang bulan salah satu penyebabnya karena kehamilan. Kehamilan yang terjadi akibat sperma membuahi sel telur membentuk bakal janin yang menempel di dinding rahim, membuat tubuh menghentikan proses menstruasi. Selain karena kehamialn, telat haid yang lebih dari 1 bulan dipengaruhi oleh banyak kondisi antara lain : 
  • Penggunaan alat kontarsepsi yang mengandung hormon progesteron.
  • PCOS.
  • Gangguan metabolisme tubuh akibat penyakit hipotiroid, lupus, pembekuan darah.
  • Pikiran yang banyak dan membuat stress.
  • Kelelahan tubuh akibat pekerjaan yang menumpuk.
  • Proses menyusui bayi terutama ASI eksklusif.
  • Siklus menstruasi yang memanjang.

Apa yang harus dilakukan agar menstruasi lancar ?

Anda dapat menerapkan pola hidup yang sehat, seperti berolahraga rutin di rumah, makan makanan yang baik untuk tubuh, menghindari junkfood dan makanan tinggi gula, tidak konsumsi alkohol atau merokok, kelola stress dan pekerjaan dengan baik, atasi semua penyakit yang ada. Semua hal tersebut dapat membuat tubuh sehat, optimal, sehingga penyakit tidak gampang masuk, serta hormon di tubuh menjadi seimbang.Jika haid tidak teratur terus Anda alami, terutama tidak haid hingga berbulan-bulan karena kehamilan atau bukan, haid yang diikuti dengan darah bergumpal, nyeri, serta bau, terdapat nyeri perut bawah, dan nyeri saat berkemih, segera konsultasi bersama dokter spesialis kandungan.Semoga bermanfaat.Salam sehat.dr. Lidya Hapsari. 
siklus haidmerencanakan kehamilangangguan menstruasi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil