30 Dec 2020, 09:04Kulit & Kelamin

Apakah testis besar sebelah pada anak berbahaya?

DI
Info Penanya: DI, Wanita, 24 Tahun
Dok saya mau tanyak anak saya khan usianya 3thun kurang 2bln di telur kemaluannya besar sebelah.. Knpa iya dok apakah berbahay. Anaknya juga ndak rewel
154 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Farahdissa
(0)
Selamat malam, DITerima kasih atas pertanyaannya.Telur kemaluan atau testis anak yang membesar sebelah dapat menimbulkan kekhawatiran bagi orangtua.  Namun, jika tidak disertai rasa nyeri ataupun rewel pada anak biasanya kondisi ini tidak membahayakan.

Penyebab testis anak besar sebelah :

  • Hidrokel yaitu penumpukkan cairan pada skrotum akibat rongga tempat turun testis belum menutup pada anak. Pada beberapa anak, kondisi ini dapat hilang dengan sendirinya.
  • Hernia atau turunnya bagian usus melalui rongga yang sama tempat testis turun sehingga membuat testis tampak besar sebelah. Pada anak, hernia akan jelas terlihat ketika anak batuk, mengejan, menangis, ataupun terlalu lelah aktivitas.
  • Gangguan pada testis seperti peradangan testis, torsio tesits. Kondisi ini umumnya akan menyebabkan nyeri dan sebelumnya ada riwayat cedera.
Jika kondisi ini sudah cukup lama dan membuat orang tua khawatir, tidak ada salahnya diperiksakan ke dokter anak guna pemeriksaan testis secara langsung sehingga dapat diketahui penyebab dan penanganannya.  Dokter terkadang memberikan pilihan untuk membiarkan ukuran testis yang berbeda yang kemudian akan dievaluasi dalam beberapa bulan atau tahun.  Jika setelah evaluasi, keluhan menetap baru akan dilakukan tindakan operatif.Saat ini, hindari memegang testis terlalu sering, usahakan asupan cairan anak terpenuhi, jaga kebersihan alat vital anak dan konsumsi makanan bergizi.Semoga penjelasan ini bermanfaat.Salam sehat,dr. Farah
nutrisi anakhidrokelhernia inguinal
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil