24 Dec 2020, 19:38Kandungan

Kapan harus kembali suntik KB ?

MB
Info Penanya: MB0
Sy ber kb sdh smpai anak qu 3 thun trus dkter pnya tlisan kmbli tdk tau tgl 23 atau 28 dan sy dp haid cm sehari 1 bln ni tgl 10 dgn 20 dan sy br ni merasa cape bgt bdan, mual, pusing, dan payudara nyeri bgtu dan cm sk mkn" knpa ya kl ta ta lewat 5 hari sntik kb krna tgl kmbli tdk jlas dkter tlis enth tgl 23 atau 28 pkoknya kl cape so skit kpla
386 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Selamat pagi, M.Salah satu penggunaan KB suntik baik 1 bulan yang mengandung kombinasi hormon progesteron dan eterogen, maupun KB suntik 3 bulan yang mengandung hormon progestin sama-sama efektif dalam mencegah kehamilan. Namun harus diperhatikan kapan tanggal kembali suntik agar tidak terlewat. Jadwat suntik KB yang terlewat dapat menyebabkan kemungkinan terjadinya kehamilan. Untuk tu, Anda dapat memeasang alarm agar tidak terlupa untuk suntik KB, atau menggunakan alat KB lainnya seperti kondom saat akan berhubungan seksual.

Manfaat KB suntik 1 bulan 

Manfaat KB suntik 1 bulan antara lain :
  • Siklus menstruasi cendrung lebih teratur.
  • Tingkat kesuburan kembali lebih cepat.
  • Mengurangi gejala premenstrual syndrome (PMS).

Manfaat KB suntik 3 bulan 

Manfaat KB suntik 3 bulan antara lain :
  • Boleh digunakan untuk Ibu menyusui.
  • Jangka waktu KB suntik yang lebih lama dibanding KB suntik 1 bulan.
  • Tingkat kesuburan lebih lama kembali sehingga lebih efektif mencegah kehamilan terutama saat lupa jadwal suntik KB.

Kapan harus kembali suntik KB ?

Cara gampang untuk mengingat kapan Anda harus suntik KB ulang yaitu dengan menghitung tanggal penyuntikan. Jika Anda suntik KB yang 1 bulan saat tanggal 10 Januari, maka Anda harus kembali suntik KB pada tanggal 7 Februari. Cara perhitungannya adalah tanggal hari ini dikurang 3 hari untuk KB suntik 1 bulan. Jika Anda suntik KB yang 3 bulan saat tanggal 10 Januari, maka Anda harus kembali suntik KB tanggal 3 April. Cara perhitungannya adalah tanggal hari ini dikurang 7 hari untuk KB suntik 3 bulan. Anda juga dapat menulis di catatan dan pengingat HP agar suntik KB tidak lupa pada jadwal seharusnya.Jika setelah lupa suntik KB, Anda mengalami telat haid dan diikuti gejala seperti orang yang sedang hamil yaitu mual berlebih di pagi hari, nyeri payudara, keram perut, lemas, dan pusing, segera periksa urin Anda menggunakan test pack atau pemeriksaan langsung ke dokter kandungan.Semoga bermanfaat.Salam sehat.dr. Lidya Hapsari.
menjaga kehamilankontrasepsigangguan menstruasi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil