14 Dec 2020, 22:29Kandungan

Keguguran tapi test pack tetap positif

AA
Info Penanya: AA0
Malam dok nama saya Nia umur 21thn.saya mau bertanya tgl 29-07-2020 lalu saya mengalami keguguran usia kehamilan menjalani 3bln nah skrang udh bulan 12 tetapi saya belum mengalami menstruasi dan saya sempat tes peck hasil positif garis 2 tetapi garisx ada yg samar ada yg terang udh 3kali saya test dalam 2bln ini hasilx masih tetap sama.apakah benar saya hamil.??? Dan saya juga sering mengalami pusing dan meriang. Sekian N terimah kasih
334 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Constantia Evelin Kwandang
(0)
Halo A,Keguguran adalah hilangnya janin pada 20 minggu pertama kehamilan. Tanda pertama keguguran adalah keluarnya darah pada vagina, diikuti dengan kram dan sakit pada daerah perut bagian bawah. Faktor yang menyebabkan keguguran antara lain :
  • usia ibu lebih dari 35 tahun 
  • memiliki riwayat keguguran sebelumnya
  • ibu menderita diabetes 
  • kelainan pada rahim, mulut rahim atau vagina
  • konsumsi rokok, alkohol dan obat-obatan terlarang
Ketika keguguran, hormon kehamilan tidak bisa langsung hilang dan tetap akan bertahan ditubuh kemudian lama kelamaan baru berkurang secara perlahan. Kadar HCG akan menurun hingga tidak terdeteksi pada tes pack membutuhkan waktu setidaknya satu bulan hingga 40hari. Namun hasil test yang positif bisa juga disebabkan karena masih adanya kehamilan meskipun sempat ada perdarahan. Bila Anda mengalami keguguran, konsultasikan dengan dokter kandungan dan lakukan USG. Keguguran yang tidak tuntas atau disebut abortus inkomplit dapat berkembang menjadi infeksi rahim, demam, dan bau busuk pada vagina. Namun jika pada keguguran sebelumnya Anda sudah melakukan kuratase, maka hasil tes positif yang saat ini bisa terjadi karena Anda hamil lagi. Jadi sebaiknya tetap lakukan USG terlebih dahulu untuk memastikan.
 Salam sehat,dr.Evelin Kwandang
tes kehamilankeguguranpenyakit kandungan
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil