05 Dec 2020, 07:44Penyakit Lainnya

Apa obat untuk luka melepuh?

KS
Info Penanya: KS0
Dok anak sy berusia 20 bulan, kemarin terkena knalpot baru diobati dengan lidah buaya, obat yg dapat membuat lukany cepat kering apa nggeh? Terima kasih
344 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Constantia Evelin Kwandang
(0)
halo K, saya akan membantu menjawab pertanyaan Anda.Luka bakar adalah kerusakan kulit akibat benda panas, mulai dari api hingga uap panas. Luka bakar juga dapat menyebabkan infeksi, sehingga luka bakar harus dirawat dengan sebaik mungkin. Luka bakar dibagi menjadi 3, yaitu:
  • derajat 1: Luka bakar ringan, menyebabkan kulit kemerahan dan terasa perih (terbakar matahari)
  • derajat 2: Luka bakar yang menyebabkan timbulnya gelembung air di bawah kulit atau mengelupasnya kulit teratas sehingga tampak kulit bagian dalam berwarna merah (tersiram air panas)
  • derajat 3: Luka bakar yang dalam, merusak saraf dan pembuluh darah, menghilangkan seluruh kulit, dan otot dapat langsung terlihat (terkena cairan kimia korosif)
Pertolongan pertama yang dapat dilakukan untuk mengatasi luka bakar adalah menghilangkan penyebab luka bakar. Bisa dilakukan dengan membilas luka pada air mengair. Untuk meredakan nyeri, pasien dapat mengkonsumsi parasetamol. Bila kulit masih utuh, jangan menutup luka agar luka dapat segera kering. Rutin gunakan salep burnazin dapat mempercepat penyembuhan.  Jika luka bakar sangat parah, penderita disarankan untuk berobat ke rumah sakit agar mendapatkan penanganan lebih lanjut karena luka bakar juga dapat menimbulkan komplikasi berbahaya seperti tetanus dan kejang. Salam sehatdr. Evelin Kwandang
luka bakarpenyembuhan lukaluka traumatis
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil