20 Nov 2020, 22:10Kulit & Kelamin

Apa obat untuk luka bakar?

HY
Info Penanya: HY, Pria0
Dok obat luka bakar yang cepat kering apa dok
166 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Dwiana Ardianti
(0)
Selamat siang, HTerima kasih atas pertanyaan AndaLuka bakar adalah suatu trauma pada kulit yang terjadi karena paparan panas. Luka bakar bisa terjadi pada segala macam usia baik pada pria maupun pada wanita. Berbeda grade atau derajat luka bakar, maka berbeda pula cara untuk menanganinya.

Secara garis besar beberapa grade pada luka bakar yaitu:

  • Luka bakar derajat 1
    Yaitu luka bakar yang terjadi hanya menyenai lapisan kulit yang paling luar. Pada kondisi ini akan timbul kemerahan, perih dan juga bengkak namun tidak melepuh.
  • Luka bakar derajat 2
    Yaitu luka bakar yang terjadi lebih dalam daripada derajat 1 sehingga kerusakan pada kulit yang terjadi pun lebih dalam. Oleh karena itu, pada luka bakar derajat 2 ini muncl lepuhan kulit yang disebut dengan bulla (gelembung berisi cairan), atau bagkan bulla yang pecah.
  • Luka bakar derajat 3
    yaitu kondisi luka bakar yang parah, dimana kerusakan kulit terjadi hingga lapisan kulit dalam, warna kulit tampak putih, coklat atau bahkan kehitaman. Karena luka bakar jenis ini terjadi kerusakan kulit yang dalam, umumnya sudah tidak ada lagi lepuhan kulit.
Terkait dengan pertanyaan Anda, pengobatan dan tatalaksana untuk luka bakar tergantung dari jenis luka bakar, dan seberapa luas area yang terluka. Oleh sebab itu, alangkah baiknya lakukan pemeriksaan ke dokter spesialis kulit terdekat agar Anda mendapatkan penanganan dan pengobatan seperti salep khusus yang megandung antibiotika, obat anti nyeri dan beberapa obat-obatan lain yang  akan disesuaikan dengan kondisi luka bakar yang terjadi pada diri Anda. Pastikan Anda tetap konsimsi makanan sehat bergizi, minum air putih cukup untuk membantu mencukupi kebutuhan cairan harian Anda, konsumsi bauh dan sayur, jaga kebersihan luka dan area sekitarnya gar terhindar dari infeksi dan agar luka lekas membaik.Semoga bermanfaat. Salam sehat, dr. Dwiana A
kesehatan kulitluka bakarpenyembuhan luka
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil