Kenapa muncul flek darah terus?

SH Info Penanya: SH, Wanita, 1 Tahun
Selamat malam dok, saya mau bertanya soal haid saya umur 15 th. Saya biasanya haid tanggal 13/ 15 dan bulan Agustus tanggal 15 dan selesai tanggal 21 saya mandi untuk bersuci saya udah mulai melakukan ibadah tpi setelah beberapa hari sya gatau tanggal berapa saya flek tapi flek nya jarang gitu kadang flek kadang engga saya bingung ini kenapa baru kali ini ngalamin saya udah 5 kali bersuci karna itu saya pikir udah ga keluar lagi tapi setelah saya bersuci dapet 3/ 5 hari keluar lagi kira2 knp dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang SH,

Usia pubertas adalah usia di mana kondisi hormon-hormon di dalam tubuh seringkali belum stabil karena mengalami perubahan dari anak-anak menjadi dewasa muda. Selain itu banyak hal yang belum diketahui sehingga seringkali menimbulkan kebingungan dan kecemasan, dan seharusnya orang tua berperan dalam mendampingi pertumbuhan anak-anaknya baik dari segi fisik maupun mentalnya.

Perihal kondisi Anda yang sering mengalami flek darah maka bisa saja disebabkan oleh faktor:

  • Kelelahan termasuk seringnya aktivitas bergadang. Karena di era sekarang ini seringkali aktivitas malam dianggap sebagai suatu kewajaran dan bisa menjadi suatu pola kebiasaan. Di mana kebiasaan bergadang ini akan merusak jam biologis tubuh termasuk mengganggu keseimbangan hormon-hormon termasuk mengganggu siklus haid.
  • Berat badan tidak ideal.
  • Faktor stres, misal sedang ujian atau adanya hubungan yang kurang harmonis dengan lingkungan sekitar.
  • PCOS.

Saat ini yang perlu Anda lakukan agar tidak sering mengalami flek adalah:

  • Banyak makan sayur dan buah.
  • Usahakan agar berat badan ideal.
  • Rutin lakukan olahraga setiap hari sekitar 30 menit.
  • Banyak minum air.
  • Tidur secara teratur dan jangan bergadang.

Bila flek sering muncul, maka sebaiknya ajak orang tua untuk menemani periksa ke dokter kandungan agar bisa dipastikan apa penyebabnya.

Salam sehat,

dr. Vina

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Trauma psikologis bisa dipicu oleh stres berkepanjangan atau satu kejadian mendadak, seperti kecelakaan

Trauma Psikologis Bisa Lumpuhkan Kehidupan, Ini Cara Menyembuhkannya

Trauma psikologis berbeda dari rasa takut. Perasaan traumatis lebih dalam dari itu dan bisa mengganggu atau bahkan melumpuhkan kegiatan sehari-hari. Karena itu, segera jalani langkah-langkah untuk meredakannya, sebelum semuanya bertambah parah.