19 Aug 2020, 15:19Kandungan

Bisa hamil tidak, ya?

HF
Info Penanya: HF0
Dok ingin bertanya apakah pada saat mau memasukkan penis ke vagina tpi tidak bisa tanpa mengeluarkan sperma apakah terjadi kehamilan dok?
4789 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Sylvia V
(0)
Selamat pagi, HF.Memasukkan penis ke vagina dan tidak bisa tanpa mengeluarkan sperma, berarti melakukan hubungan seksual dengan ejakulasi di dalam. Hal ini tentu saja sangat mungkin menyebabkan kehamilan, karena aktivitas tersebut sangat mendukung kemungkinan pertemuan sperma dengan sel telur, yang dapat dilanjutkan dengan pembuahan.Apabila memang ingin hamil, selain melakukan hubungan secara rutin 2-3 kali per minggu, keseimbangan hormon tubuh juga harus dijaga agar kualitas sel telur dan sperma baik. Konsumsi selalu makanan bergizi yang kaya kalsium, zat besi, omega 3, asam folat, protein, dan vitamin serta mineral lainnya. Hindari rokok dan asapnya, juga hindari stres yang berlebihan. Lakukan olahraga atau aktivitas fisik rutin 3-4 kali per minggu, selama minimal 30 menit.Tetapi apabila tidak ingin hamil walaupun sudah resmi menikah, ada baiknya menggunakan kontrasepsi untuk menunda kehamilan, agar dapat melakukan hubungan seksual tanpa rasa khawatir. Beberapa kontrasepsi yang dapat menjadi pilihan adalah:
  • Kondom
  • Pil
  • Suntik
  • AKDR atau IUD
  • Implan
Apabila tidak ingin hamil disebabkan karena belum menikah, sebaiknya hindari aktivitas seksual terlebih dahulu. Lakukan hal yang lebih positif selama masa pacaran, seperti saling mengenal lebih dalam dan melakukan hobi bersama.Untuk informasi lebih lanjut, Anda dapat berkonsultasi ke dokter spesialis kebidanan dan kandungan. Semoga bermanfaat. Salam sehat,
dr Sylvia
hamilpenggunaan kbmerencanakan kehamilan
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil